Bagikan:

JAKARTA - BMW telah merilis generasi terbaru dari M5, yang menawarkan performa luar biasa dari Seri-5 standar. Pasca perkenalannya, pabrikan asal Jerman ini mengumumkan dimulainya produksi pertama M5 di pabrik Dingolfing, Jerman, milik BMW Group.

“Kami bangga bisa membangun generasi terbaru dari M5 yang ikonik di Dingolfing,” kata Plant Director Dingolfing BMW Group Christoph Schroder, dalam laman pabrikan, 2 Juli.

Komponen utama untuk BMW M5 baru diproduksi di lokasi atau dipasok oleh pabrik komponen terdekat, mengusung pendekatan produksi 'di bawah atap'. Misalnya, sasis mobil dirancang khusus di pabrik komponen Dingolfing 02.10, sementara baterai tegangan tinggi dirakit di Pusat Kompetensi Produksi E-Drive, pabrik 02.20. Atap serat karbon dipasok oleh pabrik di Landshut, sekitar 30 kilometer dari Dingolfing.

Produksi di pabrik kendaraan juga mengalami modifikasi khusus di bengkel bodi. Berdasarkan bodi produksi versi standar, BMW M5 dilengkapi dengan langkah-langkah tambahan untuk memperkuat struktur bodi dan memperlebar bodi dengan lengkungan roda yang lebih besar, memungkinkan integrasi poros belakang yang dikembangkan oleh divisi M.

4

Seperti pendahulunya, model generasi terbaru ini diproduksi dalam lini yang sama dengan M4, dilengkapi dengan opsi perlengkapan khusus seperti spoiler belakang CFRP, setir kemudi M, dan kursi multifungsi divisi M. Selama beberapa minggu mendatang, produksi di pabrik akan meningkat secara bertahap hingga beberapa lusin kendaraan BMW M5 per hari.

BMW M5 terbaru akan dipasarkan di Eropa mulai 2 November mendatang. Selanjutnya, pabrikan akan meluncurkan M5 Touring untuk memperluas jajaran kendaraan berperforma tinggi dari Jerman.

Fasilitas Dingolfing telah merakit bodi model M5 sejak tahun 1984 dengan kode E28, kemudian diselesaikan di bawah divisi M GmbH di pabrik Garching. Sejak generasi kedua, mobil ini sepenuhnya dirakit di pabrik Lower Bavaria.

4

Dengan sejarah selama 40 tahun, sedan legendaris berperforma tinggi ini kini memasuki generasi ketujuh, yang untuk pertama kalinya menggunakan sistem penggerak Plug-In Hybrid (PHEV). Mobil ini dilengkapi dengan mesin V8 twin-turbo ikonis yang menghasilkan tenaga lebih dari 727 hp dan torsi puncak 1.000 Nm, disertai dengan motor listrik.

Teknologi M TwinPower Turbo dan motor listrik, ditambah transmisi M Steptronic delapan kecepatan dan penggerak semua roda M xDrive, memungkinkan akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam 3,5 detik. Kecepatan tertinggi dibatasi pada 250 km/jam, namun dapat ditingkatkan hingga 305 km/jam dengan Paket M Driver.

Dalam mode pengoperasian serba listrik, BMW M5 baru dapat mencapai kecepatan hingga 140 km/jam. Dengan kapasitas baterai bertegangan tinggi sebesar 18,6 kWh yang terletak rendah di bagian bawah bodi mobil, M5 memiliki jangkauan listrik 67 – 69 kilometer dalam siklus WLTP.