Porsche 911 Hybrid Bakal Dikenalkan Musim Panas Ini
Porsche 911 Carrera 2024. (Dok. Porsche AG)

Bagikan:

JAKARTA - Para pecinta otomotif pasti sudah tak asing lagi dengan rumor, bocoran, dan diskusi hangat mengenai Porsche 911 hybrid selama bertahun-tahun. 

Mobil sport legendaris ini diprediksi akan memiliki versi hybrid, namun kehadirannya seolah selalu di ambang harapan. Kini, penantian panjang tersebut akhirnya terjawab. Porsche secara resmi mengumumkan bahwa 911 hybrid tak hanya akan menjadi kenyataan, tetapi dijadwalkan dikenalkan musim panas ini.

“Peningkatan produk 911 direncanakan pada awal musim panas, termasuk penggerak hybrid berkinerja tinggi. Sekali lagi kami menerapkan teknologi dalam model produksi seri yang kami peroleh dari dunia motorsport. Dan pelanggan kami dapat menantikan inovasi teknologi lebih lanjut dalam bidang yang sama,” ungkap CEO Porsche Oliver Blume, dalam keterangan perusahaan, dikutip Kamis, 13 Maret.

Namun, seperti apakah wujud Porsche 911 hybrid dengan teknologi "berasal dari dunia balap motor" ini? Tahun lalu, dilansir The Drive, 13 Maret, Blume mengatakan bahwa 911 hybrid tidak akan menjadi plug-in hybrid, meski ia tak merinci detail powertrainnya. Rumor yang beredar menyebut mobil ini akan serupa dengan Corvette E-Ray. Yaitu, mengusung baterai dan motor listrik berukuran kecil untuk menggerakkan roda depan, sementara mesin flat-six twin-turbo tetap bertugas di roda belakang (tentu saja berbeda dengan Corvette yang menggunakan mesin V8). Porsche yang memiliki saham besar di perusahaan hypercar listrik Rimac, diprediksi akan memanfaatkan teknologi baterai mereka untuk 911 hybrid.

6
Porsche 911 Carrera 2024

Menariknya, rilis pers Porsche juga menyebutkan komitmen mereka terhadap tiga jenis powertrain: Mesin bensin [internal combustion engine/ICE] yang efisien, plug-in hybrid yang menjanjikan performa menarik, dan model listrik penuh yang inovatif.

Lantas, apakah hybrid berperforma tinggi tergolong sebagai ICE yang efisien? Terlepas dari detail spesifikasinya, kehadiran 911 hybrid menandai momen penting bagi Porsche. Saat ini, hampir seluruh model Porsche memiliki pilihan powertrain hybrid atau listrik penuh, baik yang sudah dipasarkan maupun sedang dalam pengembangan. 

Meski belum resmi meluncur, kehadiran Porsche Boxster listrik telah diumumkan lebih dulu dibanding 911 hybrid, dan prototipe mobil tersebut sudah terlihat sedang menjalani pengujian.