Bagikan:

JAKARTA - Honda dikabarkan segera meluncurkan CR-V FCEV. Model ini juga telah tampil di sejumlah pemberitaan media dengan bodi berbalut kamuflase biru. Pabrikan asal Jepang juga telah mengisyaratkan kehadirannya dalam versi produksi lewat sebuah video pendek dalam video di kanal resmi di Youtube, Senin, 12 Februari.

CR-V FCEV memiliki dua energi alternatif gabungan, yakni dari paket baterai dengan mesin sel bahan bakar hidrogen. Dengan demikian, ini meningkatkan fungsionalitasnya dalam melakoni kegiatan keseharian.

Melalui video tersebut, perusahaan memamerkan kemampuan CR-V FCEV dengan fitur pengisian daya dua arah yang memungkinkan penggunanya memanfaatkan daya baterai untuk memberi energi pada perangkat elektronik lainnya, seperti mesin pembuat kopi.

Sayangnya, Honda belum mau mengungkapkan informasi mengenai kapasitas baterai dan tangki hidrogen, sehingga jarak tempuhnya masih belum diketahui. Namun, dipastikan mesinnya akan dikembangkan bersama dengan General Motors (GM) yang memiliki kemampuan dua kali lebih tahan lama dibandingkan mobil hidrogen Honda sebelumnya Clarity FCEV yang memiliki jarak tempuh 750 km dalam keadaan tabung hidrogen penuh.

Dari segi tampilan, CR-V FCEV hampir tidak berbeda jauh dengan model versi ICE maupun hybrid. Namun, pabrikan mendesain ulang bagian depannya dengan grill lebih tertutup dan intake bumper yang lebih besar dari versi bensin. Perubahan lainnya mencakup penambahan port pengisian daya pada bagian sepatbor depan serta kluster lampu belakang bening.

SUV berbadan besar ini akan diproduksi di pabrik Marysville, Ohio, AS. Disamping pasar Amerika Utara, mobil ini juga akan ditawarkan untuk pasar Jepang. Dengan demikian, Honda CR-V FCEV akan menjadi pesaing yang ideal untuk Hyundai Nexo dan Toyota Mirai di pasar kendaraan berpenumpang hidrogen.

Lebih lanjut, pabrikan memiliki target untuk penjualan awal kendaraan hidrogen sebanyak 2.000 unit per tahunnya. Disebutkan juga, produksi sistem sel bahan bakar hidrogen terbaru akan berlangsung di fasilitas produksi tahunan Honda-GM, Fuel Cell System Manufacturing LLC (FCSM) di Brownston, Michigan, AS.