Bagikan:

YOGYAKARTA – Mungkin Anda salah satu pegiat otomotif yang mencari tahu apa saja perbedaan Toyota Transmover Blue Bird dan Avanza biasa yang banyak beredar di jalanan.

Perlu diketahui bahwa Toyota New Transmover memang masih mengadopsi Avanza 1.3 E yang dijual retail. Bahkan bentuk kedua tipe mobil tersebut tak jauh berbeda.

Perbedaan Toyota Transmover Blue Bird dan Avanza

Toyota Transmover Blue Bird adalah armada baru yang digunakan oleh PT Blue Bird Tbk untuk menunjang transportasi masyarakat. Blue Bird luncurkan armada Transmover terbaru pada Senin, 11 Desember. Lalu apa perbedaan antara Transmover miliki Blue Bird dengan Avanza biasa?

  1. Eksterior

Jika dibandingkan dengan Avanza tipe G ke atas, Transmover ternyata punya perbedaan yang mencolok yakni tidak adanya lampu kabut. Tidak hanya pada Transmover, keberadaan lampu kabut juga tidak ada pada Avanza tipe 1.3 E.

Selain itu Transmover masih menggunakan velg kaleng warna hitam dengan cover atau dop. Sedangkan pada Avanza tipe E ke atas velg yang dipakai berbahan alloy.

Lingkar velg Transmover juga berbeda jika dibandingkan dengan Avanza G ke atas. Pada Transmover lingkar yang dipakai adalah 15 inch alias sama dengan Avanza tipe E. Sedangkan pada Avanza G ke atas menggunakan velg 16 inch. Beda lagi dengan Veloz yang memakai lingkar velg 17 inch.

Satu-satunya perbedaan paling mencolok mata adalah adanya emblem Transmover yang ditempel di bagian belakang sebelah kiri. Emblem ini tentu tidak akan ditemukan di Avanza tipe lain.

  1. Interior

Di bagian interior, Avanza Transmover memang serupa dengan Avanza tipe E, namun bukan berarti keduanya sama. Pada Transmover tak ada head unit 7 inch sebagaimana yang dibekalkan di Avanza E. Namun di Transmover Bluebird terpasang layar tambahan untuk menampilkan identitas pengemudi.

Bluebird juga melakukan penyesuaian lain di kabinnya. Di bagian bangku dilapisi dengan bahan tambahan bermaterial sejenis kulit.

Transmover Bluebird juga tak dilengkapi dengan indikator seatbelt selengkap Avanza yang mampu mendeteksi apakah penumpang di belakang mengenakan sabuk pengaman atau tidak. Sedangkan pada Transmover Bluebird hanya mampu mendeteksi seatbelt kursi depan saja.

  1. Transmisi

Dari segi mesin, Transmover dan Avanza tipe E sama-sama berkubikasi sebesar 1.300cc dengan tenaga yang dihasilkan sekitar 96 TK, dan torsi 120 Nm. Yang membedakan adalah Avanza tipe E memiliki opsi manual dan otomatis, sedangkan Transmover Blue Bird hanya tersedia transmisi manual.

  1. Penyesuaian Lain

Blue Bird juga melakukan penyesuaian lain terhadap unit Toyota Transmover. Misalnya pada penambahan topi di bagian atap yang jadi penanda armada taksi.

Toyota Astra Motor (TAM) sendiri memang memperkenalkan Transmover sebagai Avanza versi paling basic yang spesial diperuntukkan bagi armada taksi.

Perlu diketahui juga bahwa Blue Bird perbarui aplikasinya sehingga pengguna lebih mudah dalam menggunakannya.

Itulah informasi terkait perbedaan Toyota Transmover Blue Bird dan Avanza. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.