Subaru Luncurkan Forester Generasi Keenam Untuk Pasar AS, Dijual Mulai Awal 2024
Subaru All New Forester 2025. (Dok. Subaru)

Bagikan:

JAKARTA - Subaru secara resmi meluncurkan All New Forester, yang merupakan generasi keenam dari seri SUV tersebut. Berbeda dengan model sebelumnya, mobil ini menawarkan fitur canggih, desain yang lebih modern, dan kenyamanan yang ditingkatkan.

Perkenalan resmi dilakukan pada acara Los Angeles Auto Show 2023 yang berlangsung hari ini. Mobil ini tersedia dalam lima varian: Base, Premium, Sport, Limited, dan Touring. Model ini dijadwalkan akan dirilis pada musim semi 2024 di Amerika Serikat, seperti yang diumumkan dalam laman resmi perusahaan, Kamis, 16 November.

7

Perubahan pada Forester 2025 dimulai dengan desain eksterior yang lebih ramping, sementara tetap mempertahankan kekokohan karakteristik pendahulunya. Bagian depan kendaraan memiliki grill tebal yang menyatu dengan lampu depan LED kompak, menciptakan efek perisai terintegrasi. Fasia baru juga menampilkan lambang gugus bintang Subaru yang telah diperbarui.

Garis bahu SUV yang berani menonjolkan tinggi dan kekuatan, sementara lengkungan roda yang menonjol menekankan kemampuan off-road. Pelindung bagian bawah depan, samping, dan belakang dengan finishing warna sesuai level trim memberikan sentuhan pelindung yang elegan.

Subaru juga meningkatkan aerodinamika untuk meningkatkan performa dan stabilitasnya sebagai SUV yang andal. Saluran keluar udara di tepi belakang bukaan roda depan memberikan sirkulasi udara yang lebih baik.

7

Pindah ke bagian interior, mobil ini dilengkapi dengan sistem multimedia pada layar Subaru Starlink berukuran 11,6 inci yang dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto nirkabel. Sistem multimedia ini juga berfungsi sebagai pusat tampilan informasi dengan integrasi meteran kombinasi dan kontrol di layar untuk fungsi audio, iklim, dan kendaraan.

Selain layar besar tersebut, Subaru menawarkan opsi layar sentuh resolusi tinggi Subaru Starlink dual 7 inci yang dapat terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto, serta Bluetooth yang dapat terhubung.

Untuk keamanan dan keselamatan, Subaru menyediakan layanan terhubung Subaru Starlink Safety and Security, yang mencakup SOS Emergency Assistance, Enhanced Roadside Assistance, Automatic Collision Notification, Maintenance Notifications, Monthly Vehicle Health Report and Diagnostic Alerts, Stolen Vehicle Recovery Service, dan Vehicle Security Alarm Notification.

7

Dari segi performa, Subaru Forester 2025 ditenagai oleh mesin 2,5 liter Boxer yang menghasilkan tenaga sebesar 180 dk dan torsi 241 Nm, berkolaborasi dengan transmisi CVT Lineartronic yang memberikan perpindahan gigi yang lembut.

Varian Premium, Limited, dan Touring juga menawarkan mode transmisi manual dengan setir kemudi yang menyatu dengan paddle shift, memberikan pengemudi kendali penuh dalam melakukan perpindahan gigi.

Forester telah menjadi salah satu model Subaru terlaris selama hampir 30 tahun, dengan lebih dari 2,6 juta unit terjual di Amerika Serikat hingga saat ini.