Bagikan:

JAKARTA - Beberapa hari yang lalu, seperti yang diberitakan VOI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penyitaan terhadap kendaraan eks Kepala Bea Cukai Makassar, Andhi Pramono.

Dari sejumlah kendaraan yang disita, terdapat satu yang mencuri perhatian. Kendaraan tersebut adalah Hummer H3 berwarna silver yang memiliki gaya SUV yang sangat gagah. Bersama dengan beberapa model lainnya, mobil ini diambil oleh KPK sebagai barang bukti dalam kasus pencucian uang yang menjerat pelaku dengan inisial AP.

Menurut penelusuran VOI, Hummer H3 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 oleh General Motors (GM). Meskipun H3 merupakan tipe terkecil dalam keluarga Hummer, selain H1 dan H2 yang lebih besar, mobil ini tetap memiliki dimensi yang mengesankan karena dirancang untuk menjadi lebih kompak dan mudah dikendalikan di jalan dan dalam perkotaan.

4
Foto: Autoevolution

Hummer H3 dibangun di atas platform yang sama dengan Chevrolet Colorado dan GMC Canyon, yaitu GMT355. Meskipun demikian, mobil ini memiliki dimensi panjang 4.778 mm, lebar 1.897 mm, tinggi 1.872 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2.842 mm, memberikan ruang yang cukup lega.

Saudara dari GMC Canyon ini memiliki tiga pilihan mesin, mulai dari 3,5 liter 5-silinder segaris dengan tenaga hingga 220 dk, 3,7 liter 5-silinder segaris dengan tenaga 242 dk dan 239 dk, serta mesin berkapasitas 5,3 liter V8 yang menghasilkan tenaga hingga 300 dk.

Mesin-mesin ini ditempatkan di bagian depan mobil dan dipadukan dengan transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan serta sistem penggerak empat roda.

4
Foto: Autoevolution

Hummer H3 juga menonjol dalam hal keselamatan. Menurut National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), SUV ini mendapat rating lima bintang untuk keselamatan pengemudi, keselamatan samping pengemudi, dan keselamatan samping penumpang belakang. Sementara itu, keselamatan penumpang depan mendapat empat bintang dan AWD Rollover mendapat tiga bintang.

Meskipun memiliki sistem keamanan dan kinerja yang tangguh, model ini tidak bertahan lama di pasaran. Pada akhir Februari 2010, GM memutuskan untuk menghentikan merek Hummer dan produksi tipe terakhir dilakukan pada bulan Mei.

Selama eksistensinya selama lima tahun, Hummer H3 berhasil mencatat penjualan total sebanyak 156.791 unit di Amerika Serikat. Selain di Amerika Serikat, Hummer H3 juga dijual di berbagai pasar di seluruh dunia, termasuk Afrika, Eropa, Asia, dan Australia.

Menariknya mobil ini banyak diminati di Indonesia, jika mengacu di lapak mobil bekas online per hari ini, Senin, 25 September, keberadaan H3 cukup banyak dengan harga mulai Rp800 jutaan ke atas.