Bagikan:

JAKARTA - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 menjadi ajang bagi berbagai pabrikan memperkenalkan kendaraan terbarunya, termasuk kendaraan listrik teranyar.

GIIAS 2023 juga menjadi ajang pabrikan memperkenalkan fitur dan teknologi terkini, sehingga masyarakat maupun pengunjung dapat teredukasi dengan baik.

Ini juga yang membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendatangi pameran otomotif tahunan tersebut yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang.

Dalam kunjungannya, ia ditemani oleh istri dan anaknya serta disambut oleh Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, dengan mengelilingi berbagai booth yang ada dalam gelaran GIIAS 2023.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut mengatakan kekagumannya dengan kendaraan listrik serta pihaknya akan mendukung arahan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, soal disediakannya mobilitas bertenaga listrik untuk mobil dinas Jawa Barat.

"Jadi sudah kita tradisikan bagi PNS juga yang membeli mobil pribadi sudah saatnya beralih ke mobil listrik," ucap Kang Emil saat berkunjung ke ICE BSD, Tangerang, Jum'at, 18 Agustus.

Walaupun demikian, ia juga mengungkapkan ketertarikan dan menghimbau masyarakat untuk menggunakan kendaraan berteknologi hybrid. Terlebih lagi, sistem hybrid juga berperan dalam mengurangi penggunaan BBM dan meningkatkan efisiensi.

"Hybrid juga tidak ada masalah karena setengahnya menggunakan listrik setengah nya BBM kalo kondisi tertentu. Tapi, poinnya jangan sepenuhnya BBM," jelas Kang Emil.

Ia juga menambahkan, bahwa 70 persen polusi yang terjadi di wilayah Jabodetabek berasal dari kendaraan beremisi, sehingga ia mengajak masyarakat untuk beralih ke elektrifikasi.

"Jabodetabek tadi kita rapatkan 70 persen polusi dari kendaraan, jadi sudah saatnya kalau ada pilihan mengkonversi ke mobil listrik untuk mengurangi polusi." tambah Kang Emil.

Pada GIIAS ke-30 ini, 49 merek kendaraan ambil bagian, termasuk Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, dan Wuling.

Industri kendaraan komersial juga turut berpartisipasi, dengan merek seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Merek-merek sepeda motor juga akan meramaikan acara tahunan ini, termasuk Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, dan Harley-Davidson.

Selain itu, merek-merek lain seperti lon Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa juga ikut serta. Tidak ketinggalan, ada 3 merek Karoseri, yaitu Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

GIIAS 2023 memamerkan lebih dari 250 kendaraan, termasuk 9 debut global. Acara ini juga akan menjadi platform bagi Asosiasi Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk memperkenalkan 60 mobil konsep di Indonesia.