Bagikan:

JAKARTA - Tingginya minat konsumen pada kendaraan SUV, juga disambut pabrikan otomotif mewah merilis segmen ini. Selain Ferrari dengan SUV pertamanya Purosangue, Lamborghini lebih duluan menghadirkan Urus pada 2017.

Namun berbeda dari SUV kebanyakan, Lamborghini Urus disebutkan memiliki performa yang tidak kalah eksplosif dengan supercar Lamborghini. Terlebih pabrikan menyediakan versi tertingginya, Urus Performante.

Terbaru, Lamborghini kembali menghadirkan edisi terbatas sebanyak 40 unit Urus Performante Essenza SCV12. Meskipun memakai nama yang sama dengan supercar Essenza SCV12, namun Urus tersebut tidak dibekali mesin V12.

Urus Performante edisi khusus ini mendapat beberapa sentuhan yang membuat SUV tampil lebih gahar. Selain warna sesuai Essenza SCV12, ada pembaruan dua warna pada bagian bawah berwarna hitam dan dipadukan dengan nomor balap di bagian pintu depan.

Pada bagian kaki-kaki juga ditingkatkan dengan pelek berukuran 23 inci dengan sentuhan warna hitam yang mengilap dengan kaliper rem yang selaras. Namun, pembeli juga dapat memilih opsi warna rem pada Urus tersebut.

2
(Dok. Lamborghini)

Berbasis dari Urus Performante, maka bagian daya pacu masih dibekali V8 4,0 liter khas Lamborghini yang dapat mengeluarkan daya pacu 666 dk.

Kesan eksklusif pada mobil ini ada pada bagian eksterior yang diberikan ornamen karbon pada aero kit bumper, kap mesin, atap, fender, hingga kaca spion. Karbon juga dapat dipilih, mau finishing glossy atau matte.

Lalu, bagian kabin menggunakan jok berbahan Alcantara, dan perpaduan kulit, lalu ada trim serat karbon dengan pilihan finishing glossy atau matte sama seperti eksteriornya. Lamborghini juga menyematkan dua plakat di kabin mobil, satu logo ulang tahun ke-60 Lamborghini dan satu lagi nama pemilik.

"Lamborghini Urus SCV12 Edition adalah livery paling ekspresif dan detail yang pernah kami buat dan secara eksklusif terhubung dan dirancang secara pribadi untuk masing-masing 40 pelanggan Lamborghini Essenza SCV12,” ujar Mitja Borkert, Kepala Desain Lamborghini di ruang media perusahaan, Selasa, 16 Mei.

Lamborghini belum mengungkapkan perihal harganya, namun bisa dipastikan Urus versi khusus ini dibanderol di bawah harga Essenza SCV12 versi trek balap yang juga diproduksi 40 unit dan memiliki harga 2,2 juta euro atau sekitar Rp35 miliar.