Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif asal AS, Buick semakin melebarkan sayap di bursa pasar SUV dengan meluncurkan model terbaru, Envista.

Sebenarnya, crossover teranyar dari Buick ini telah diperkenalkan di China pada musim panas tahun lalu. Namun, pabrikan merubah beberapa aspek untuk dijual di pasar AS.

Executive Director of Global Buick-GMC Design, Sharon Gauci mengungkapkan, bahwa mobil tersebut bukanlah SUV biasa. Pihaknya menawarkan Envista dengan desain modern serta keindahan ala Buick.

"Ini bukan SUV kecil biasa. Dengan proporsinya yang unik, postur modern, dan bentuknya yang ramping, Envista membawa keindahan pahatan Buick menuju level berikutnya," ujar Sharon yang dikutip dari Carscoops, Senin, 17 April 2023.

Dari segi penampilan, SUV tersebut memiliki bagian depan berupa grill yang besar serta lampu panjang yang terpisah di kedua sisi. Envista memiliki struktur bodi yang gagah namun sangat eye-catching.

Sementara itu pada bagian belakang, lampu belakang dibuat ramping dengan disematkannya sayap belakang kecil di atas bagian lampu. Baik bemper depan dan belakang meninggalkan kesan sporty namun dinamis.

Buick menghadirkan interior yang memberikan kenyamanan maksimal dengan kluster instrumen digital 8 inci dan layar infotainmen 11 inci.

Fitur lainnya juga disematkan, yaitu paket Buick Driver Confidence, yang terdiri dari Automatic Emergency Braking, Lane Keep Assist with Departure Warning, dan IntelliBeam pada lampu depan.

Ada juga fitur yang memudahkan pengemudi termasuk Adaptive Cruise Control, Rear Cross-Traffic Alert, dan Lane Change Alert with Side Blind Zone Alert.

Di luar desain dan fiturnya, Buick Envista juga menawarkan mesin yang menarik. Dengan jantung pacu yang sama dengan Chevrolet Trax 2024, yaitu 1,2 liter turbocharged 3-silinder, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 136 dk dan torsi 219 Nm.

Meskipun mesin tersebut dilengkapi transmisi enam percepatan yang impresif, namun Envista hanya tersedia dengan penggerak roda depan.

2
Interior Envista Sport Touring (ST). (Dok. Buick)

Buick akan menawarkan dua trim pada Envista, yakni Sport Touring (ST) dan Avenir. Perbedaannya trim ST menyediakan pelek 18 inci dengan trim luar berwarna hitam. Sedangkan Avenir menggunakan pelek 19 inci nikel mutiara dengan tampilan monokrom.

Envista 2024 akan tiba di pasar AS pada musim panas ini dan diproduksi di Korea Selatan. Harga yang dipatok untuk trim ST sebesar 25.195 dollar AS (sekitar Rp373,5 jutaan) dan trim Avenir seharga 29.695 dollar AS (kisaran Rp440,1 jutaan).