Bagikan:

JAKARTA - Ineos, perusahaan kendaraan yang didirikan oleh miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe, akan membuat versi listrik dari kendaraan off-road Grenadier barunya di Austria.

Dalam siaran pers Ineos menyebut bekerja sama dengan Magna, pabrikan suku cadang mobil Kanada, demi membangun pengembangan dan memproduksi mobil bertenaga listrik berpenggerak semua roda (AWD).

Versi elektrik 4x4 akan diproduksi mulai 2026 di pabrik Magna di Graz, Austria yang juga membuat SUV listrik lain termasuk Jaguar I-Pace dan Fisker Ocean.

Dikatakan, SUV elektrik 4x4 yang akan diproduksi memiliki kemampuan off-road kelas dunia dengan memberikan kenyamanan serta kinerja yang stabil saat berada di jalan dan memiliki dengan jangkauan baterai hingga 400 km.

Meskipun demikian, Ineos belum memberi lebih detail mengenai model tersebut namun kemungkinan model terbaru ini akan menggunakan platform baru bukan meneruskan versi Grenadier awal.

Sebagaimana dilaporkan Guardian, Senin, 17 April, Ineos dan Magna membangun Grenadier pertama tahun 2018 namun menelan kerugian mencapai 506 juta euro hingga 2021, sebelum penjualan dimulai.

CEO Ineos Automotive, Lynn Calder mengatakan pihaknya bersama Magna terus memperdalam kolaborasi dalam pengembangan model terbaru ini.

"Memperdalam kolaborasi kami dengan Magna adalah langkah alami selanjutnya karena kami menggunakan Grenadier sebagai batu loncatan untuk pertumbuhan berkelanjutan kami sebagai merek otomotif global dengan lini model kedua ini,” pungkas Lynn.