Mengenal Keunggulan Electric Vehicle, Mobil Masa Depan yang Ramah Lingkungan
Ilustrasi keunggulan electric vehicle (Unsplash/@fotographyfanatik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tren penjualan mobil listrik semakin meningkat dari tahun ke tahun. Banyak orang berminat dengan mobil listrik karena kelebihan dan keunggulan yang ditawarkan. Namun tidak sedikit juga yang masih belum tahu keunggulan electric vehicle ini.

Pemerintah Indonesia sendiri gencar mendorong terciptanya iklim elektrifikasi, salah satunya melalui pengadaan dan penggunaan mobil listrik. Pemerintah bekerja sama dengan PT Pertamina membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) serta Staisun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di seluruh wilayah di Indonesia. 

Berbagi produsen electric vehicle juga telah bersiap memasarkan produk mobilnya di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, jumlah mobil listrik di Indonesia sudah mencapai puluhan ribu unit. Pembelian dan pemakaian electric vehicle di Indonesia diprediksi akan meningkat. 

Mobil listrik disebut memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan mobil biasa atau konvesional. Lantas apa saja keunggulan electric vehicle?

Berbagai Keunggulan Electric Vehicle

Salah satu keunggulan dari electric vehicle yang paling diingat adalah ramah lingkungan. Mobil listrik terbukti lebih ramah lingkungan dibandingkan mobil yang memakai BBM. Kelebihan ini semakin diunggulkan melihat masalah yang dihadapi dunia, yakni perubahan atau krisis iklim. Mobil listrik dapat berperan mengurangi terjadinya masalah lingkungan.

Namun tak hanya itu, mobil listrik juga diminati karena mempunyai banyak kelebihan lainnya. Berikut beberapa kelebihan electric vehicle.

Ramah Lingkungan

Keunggulan pertama mobil listrik sudah pasti adalah ramah lingkungan. Mobil listrik menjadi kendaraan eco-friendly karena menggunakan bahan bakarnya emisi rendah. Bukan seperti mobil konvensional yang memakai BBM, kelebihan electric vehicle adalah memakai bahan bakar listrik.

Mobil listrik bermanfaat mengurangi emisi karbon dan membantu menjaga pelestarian lingkungan. Mobil listrik mengeluarkan lebih sedikit gas rumah kaca dan polusi udara dibandingkan mobil bertenaga bensin. 

Sebuah penelitian menunjukkan emisi karbon mobil listrik dengan pembangkit listrik memberikan 17-30% lebih rendah daripada mobil bensin. Sedangkan mobil yang memakai BBM dapat menyebabkan polusi udara, yang berdampak jangka panjang pada kerusakan lingkungan.

Suara Tidak Bising 

Keunggulan electric vehicle yang kedua adalah dari segi suara. Mobil listrik tidak menimbulkan suara mesin yang bising karena tidak menggunakan bahan bakar minyak. Jadi mobil listrik tidak menyebabkan polusi suara, sehingga pengendara dan penumpangnya merasa lebih nyaman saat di perjalanan.

 Berbeda dengan mobil konvensional. Mobil yang memakai BBM menimbulkan suara yang cukup bising pada mesinnya. Suara bising bisa lebih para pada kendaraan yang memakai solar sebagai bahan bakarnya. 

Perawatan mudah 

Keunguulan lain electric vehicle adalah perawatannya yang mudah. Perawatan untuk mobil listrik jauh lebih mudah dan sederhana dibandingkan mobil konvensional. 

Mobil listrik tidak memiliki sistem pembuangan bahan bakar. Berbeda dengan mobil konvensional yang menggunakan BBM. Maka dari itu perawatan mobil listrik lebih mudah dan hemat. Mobil listrik juga tidak membutuhkan perawatan khusus seperti penggantian oli atau berbagai hal lainnya.

Lantas apa saja perawatan yang perlu dilakukan pada mobil listrik. Anda hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin dan berkala terhadap semua komponen dari mobil ini, khususnya bagian baterai aki mobil.

Pengisian Bahan Bakar Fleksibel 

Keunggulan electric vehicle yang selanjutnya adalah dari pengisian bahan bakarnya. Pengisian bahan bakar mobil listrik bersifat fleksibel. Anda bisa mengisinya di stasiun pengisian maupun di rumah. Anda tinggal menghubungkan alat pengisian energi yang ada di rumah Anda ke mobil listrik.

Berbeda dengan pengisian bahan bakar mobil konvensional. Pengguna mobil BBM barus mengisi di SPBU. Seringkali anda harus antre panjang dan lama untuk mengisi di pom bensin. 

Harga Murah

Electric Vehicle juga memiliki keunggulan pada harganya yang murah. Namun masih banyak yang menilai kalau harga mobil listrik itu mahal. Harga memang menjadi hal yang menentukan keinginan seseorang untuk membeli mobil. 

Fakta yang belum banyak dipahami orang adalah bahwa mobil listrik itu harganya murah. Mobil yang menggunakan tenaga listrik memiliki biaya pemakaian yang lebih murah jika dibandingkan dengan mobil BBM.

Selain itu, mesin dari mobil listrik disebut lebih efisien sehingga biaya dikeluarkan jauh lebih kecil dibanding mobil konvensional. Harga dari mobil listrik sendiri juga terbilang lebih murah daripada mobil BBM.

Itulah beberapa keunggulan electric vehicle yang sekarang semakin banyak diminati. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh mobil listrik adalah kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat di masa kini dan di masa depan.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kami menghadirkan berita terupdate nasional dan internasional untuk anda