Lambang UPI: Harapan untuk Insan yang Berilmu Tapi Tidak Lupa Sang Pencipta
Ilustrasi (Foto: upi.edu)

Bagikan:

JAKARTA - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) memiliki lambang yang bernuansa merah dan hitam. Tentunya pemilihan lambang seperti tidak asal, UPI ingin menyampaikan pesan tersirat melalui unsur-unsur yang ada pada lambang itu. 

Sejarah singkat UPI, universitas ini berdiri sejak 1954. UPI berawal dari Perguruan Tinggi Pendidikan Guru yang mengalami metamorfosis hingga menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum di Indonesia.

Pada lambang UPI terdapat warna merah, putih, hitam, dan kuning. Warna merah, hitam, dan kuning sendiri merupakan warna khas PTPG, menyiratkan kilasan historis akan masa-masa awal berdirinya perguruan tinggi pendidikan guru di tanah air. Lalu, jika diperhatikan lagi, warna hitam membentuk daun dan warna merahnya adalah mahkota bunga beserta kepala putiknya. 

Melansir laman resmi UPI, Sabtu, 13 Juni, unsur daun dan bunga tersebut menyiratkan bahwa UPI merupakan persemaian dan berseminya tunas-tunas bangsa serta kader-kader pemimpin bangsa. Pasangan daun dan bunga juga merujuk kepada Tanah Priangan yang subur dan Bandung Kota Kembang yang menjadi semangat kebangkitan negara Asia Afrika. Lambang tersebut juga menunjukkan bahwa Bumi Siliwangi yang harum mewangi, tempat berdiri tegaknya UPI. 

Hitam dan merah juga memiliki artinya tersendiri. Warna merah melambangkan semangat keberanian dalam menemukan dan membela kebenaran, baik kebenaran ilmiah maupun kebenaran ilahiah. Lalu untuk hitam, menyiratkan suasana solid dan stabil sebagai dasar pertumbuhan yang mantap. Pada lambang UPI juga ada warna kuning di tengahnya yang melambangkan ketegaran, kebesaran (hati), kewibawaan, dan kearifan.

Logo UPI (Foto: upi.ed)

 

Selain itu, warna merah yang berpadu dengan dasar putih pada lambang UPI menyiratkan Dwiwarna Sang Merah Putih sebagai bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia yang melambangkan wawasan kebangsaan serta semangat kesatuan dan persatuan yang harus selalu dibina dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut tak terkecuali dalam kehidupan akademik. 

Kemudian, bentuk bulat yang dimiliki lambang UPI memiliki dua arti. Pertama, melambangkan pengakuan yang penuh atas kemahabesaran dan kemahasempurnaan Allah SWT. Kedua, melambangkan atau menyatakan bahwa segenap warga UPI, baik civitas akademika maupun tenaga kependidikannya, bertekad bulat untuk bersama-sama melaksanakan tugas masing-masing, sesuai dengan visi, misi, dan fungsi UPI, dengan penuh tanggung jawab dan berserah diri secara total kepada Allah Yang Maha Kuasa. 

Garis-garis lengkung horizontal pada lambang juga menyiratkan bahwa UPI mempunyai visi ke depan, berwawasan nasional, serta berpandangan global. Garis cakrawala yang berjumlah tiga melambangkan hablumminallah, yang menyiratkan semangat religius yang mewarnai segala lini kehidupan insan kampus. 

Terdapat garis lurus vertikal juga yang menyiratkan misi UPI sebagai lembaga pembina dan penghasil insan berilmu, beriman, dan bertakwa kepada Allah Yang Maha Esa.