BTS, TWICE, dan IU Paling Top Versi Survei Agensi Korea Selatan
IU (Twitter @_iuofficial_)

Bagikan:

JAKARTA - Agensi hiburan di Korea Selatan kembali membagikan jajak pendapat terkait idola yang sedang digemari. Setiap tahunnya, survei ini diadakan oleh Sports Seoul kepada 50 agensi berbeda, di antaranya ada JYP Entertainment, Pledis Entertainment, SM Entertainment, Label SJ (Super Junior), Amoeba Culture, dan masih banyak lainnya.

Pada kategori Power People atau orang terkuat yang mengubah industri, BTS memenangkan jajak pendapat dengan skor 68 poin. Disusul produser SM Entertainment, Lee Soo Man, produser Big Hit Entertainment Bang Si Hyuk, produser JYP Entertainment Park Jin Young, dan IU.

Ketiga produser dari agensi itu juga disebut sebagai produser terbaik K-pop di urutan pertama diikuti Zico, rapper dan solois dari grup Block B serta Teddy yang banyak menangani lagu-lagu artis YG Entertainment.

Untuk kategori grup laki-laki terbaik, posisi BTS, EXO, dan SEVENTEEN masih belum tergantikan sejak tahun sebelumnya. Mereka menempati tiga pertama dilanjutkan oleh NCT, BIGBANG, dan MONSTA X.

Begitu juga dengan grup perempuan K-pop yang masih dipimpin oleh tiga grup dari tiga agensi terbesar, TWICE, BLACKPINK, dan Red Velvet. Yang menarik, nama Oh My Girl hadir menyusul ketiga grup tersebut. Pesona dan popularitas Oh My Girl memang dirasakan sejak kehadiran mereka dalam kompetisi Queendom. Mereka berhasil menunjukkan kemampuan mereka setara dengan grup senior.

Pada survei solois pria terbaik, ada Zico Block B, Rain, dan Paul Kim. Nama-nama yang bercampur dari tiga generasi ini disusul oleh Baekhyun EXO dan G-Dragon BIGBANG yang meraih perolehan 16 poin.

IU, yang masuk ke bagian power people juga masih dianggap sebagai solois perempuan terbaik sebanyak 115 poin. Diikuti oleh Taeyeon Girls Generation, Chungha, Heize, dan Sunmi.

Nama-nama baru dalam industri K-pop selalu membuat penasaran. Dalam survei ini, TXT, grup baru orbitan Big Hit Entertainment memimpin survei Best Rising Stars, disusul oleh oleh ITZY. Kemudian ada SM rookie girl group, merupakan proyek grup milik SM Entertainment. Grup ini belum diumumkan namun antisipasi telah ditunggu oleh masyarakat.

Yang terakhir adalah survei agensi K-pop terbaik. SM Entertainment memimpin dengan 98 poin disusul oleh Big Hit Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment.

Melihat daftar urutan survei setiap tahun, tidak ada perubahan yang signifikan meskipun selalu ada grup baru yang debut pada tahun ini. Tapi, keberhasilan dan pengakuan ini tidak lepas dari usaha grup yang bersinergi dengan agensi mereka. Adakah favoritmu dalam daftar ini?