Kenapa Orang Selalu Pilih Pasangan yang Mirip Mantan?
Ilustrasi (Blue Bird/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan kekasih biasanya bukan hal menarik untuk dibahas, apalagi bagi yang mengalami drama menyebalkan ketika putus. Tapi sadar tidak kalau orang punya kecenderungan untuk memilih pasangan yang mirip-mirip alias setipe? Ya, sebenarnya pasangan Anda saat ini dan mantan-mantan Anda biasanya punya kemiripan. Hmm, kenapa begitu ya? 

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology membuktikan bahwa memang benar adanya ketika orang cenderung memilih pasangan yang mirip. Bisa dari sisi fisik atau kepribadian. 

Peneliti dari University of California mengamati tiga studi terpisah dan melakukan riset tentang pola kencan lebih dari seribu pasangan heteroseksual untuk melihat gambaran mengenai pemilihan tipe pasangan. 

Data diambil melalui wawancara langsung dan media sosial selama beberapa tahun. Hasilnya, peserta memang memilih pasangan dengan sejumlah kesamaan dari segi fisik. Pada awalnya mungkin orang ingin mencari pasangan dengan tipe berbeda, namun ada kecenderungan kuat untuk tetap berkencan dengan kepribadian yang sama.

Sebenarnya alasan lain kenapa pasangan Anda selalu mirip dari waktu ke waktu juga bisa disebabkan oleh banyak faktor. Misalnya, selalu mendapat pasangan dari lingkungan sama, seperti sekantor, sekampus, atau di lingkungan tempat tinggal sama. 

Belum lagi soal daya tarik serupa dan wajah yang mirip. Tak bisa dimungkiri bahwa biasanya seseorang punya tipe pasangan idaman dari segi fisik, termasuk soal warna kulit, tinggi badan, model rambut, dan gaya berpakaian. 

Jadi, tidak usah heran ya kalau pasangan Anda selalu mirip-mirip dengan mantan!