Suga BTS Rilis Mixtape Daechwita Sebagai Agust D
Suga BTS / Agust D (BigHit Entertainment)

Bagikan:

JAKARTA - Rapper BTS, Suga kembali dengan proyek solonya sebagai Agust D. Dengan proyek mixtape D-2, ia kembali menunjukkan sisi lainnya sebagai solois di samping bersama grup BTS yang membesarkannya. Berjudul Daechwita, lagu dan videonya dirilis pada Sabtu, 23 Mei melalui YouTube.

Lagu Daechwita, singlenya menunjukkan sisi tradisi Korea dengan kultur dan budaya. Daechwita sudah terpintas di pikirannya ketika memulai proyek ini. Daechwita adalah sebuah genre musik tradisional Korea yang terinspirasi dari urban militer. Karena hal tersebut, ia mengambil sampel suara Daechwita yang asli.

Daechwita adalah lagu rap dengan trap yang bergabung dengan musik Korea. Video musiknya dibuat berlatar belakang istana Korea menampilkan Suga serta beberapa member BTS lainnya, Jin dan Jungkook hadir dalam penceritaan.

"Pikiran saya adalah saya ingin membuat sampel musik diputar selama upacara Raja, secara natural, elemen Korea menjadi komponen penting untuk trek sesuai dengan video musiknya,” kata Suga dilansir dari TIME.

Rapper kelahiran 9 Maret ini baru menunjukkan kapasitasnya sebagai solois karena sibuknya mengisi proyek bersama musisi lain, sebut saja IU, Kim Jong Wan, RM, bahkan penyanyi internasional Halsey. Baginya, ia menikmati kolaborasi dengan para musisi tetapi tidak lupa dengan proyek Agust D.

"Saya tidak terlalu pemilih dengan genre di antara itu. Apa yang bagus ya bagus, dan itu kembali ke pendengar untuk memilih," jelas Suga terkait genre yang dipilih.

Daechwita menjadi salah satu lagu dari mixtape D-2 yang tersedia secara digital oleh agensi BigHit Entertainment. Sebanyak 10 lagu, berbagai variasi genre yang dikerjakan Suga ini menjadi hadiah bagi penggemar yang merindukan proyek solonya.

Sesaat setelah perilisan, Daechwita langsung menguasai iTunes dan berbagai tangga lagu internasional. Ini juga menjadi wujud dukungan ARMY kepada Suga dan proyeknya.

Sementara itu, BTS yang menunda seluruh gelaran tur dunia akibat pandemi COVID-19 menjadikan mereka membuat sejumlah konten yang bisa ditonton oleh penggemar. Mulai dari kelas belajar Bahasa Korea hingga konser online dilakukan BTS untuk penggemar.

Simak video musik Daechwita milik Agust D di bawah ini: