Dugaan Plagiarisme, Vans Minta Instagram Hapus Unggahan Ventela
Desain Old Skool milik Vans (Twitter @arsyvlg)

Bagikan:

JAKARTA - Ternyata, brand sepatu lokal seperti Ventela terdengar hingga mancanegara. Sayangnya bukan dalam hal yang menyenangkan, melainkan karena sebuah kasus yang terjadi di media sosial.

Warganet dihebohkan dengan Vans yang meminta pihak Instagram  menghapus semua foto sepatu yang dijual Ventela lantaran memiliki kemiripan dengan produk mereka. Di Indonesia, brand lokal seperti Ventela dan Saba termasuk dalam incaran Vans atas banyaknya desain produk yang mirip.

Ventela yang dikenal sebagai salah satu lini lokal yang kerap dilabeli ‘local pride’ menjadi perbincangan warganet. Di balik kebanggaan masyarakat akan brand lokal yang mulai digemari, ada hal-hal yang membuntuti kesuksesannya, salah satunya dugaan menjiplak brand lain. Selain Vans, warganet juga banyak menduga desain Ventela lainnya mengikuti desain Comme Des Garcons.

Alhasil, para penjual sepatu di Instagram mulai ramai mengimbau para penjual lainnya untuk menurunkan postingan sementara jualan Ventela. Karena kemungkinan besar pihak Instagram akan menutup akun tersebut terkait laporan Instagram kepada beberapa unggahan Ventela di Instagram @ventelashoes.

Dugaan plagiarisme ramai dibicarakan setelah Ventela merilis edisi terbaru Ventela Public. Dilansir dari VICE, garis ikonik di samping sepatu terlihat dengan jazz stripes khas milik Vans. Warganet juga sering menunjuk kemiripan di antara Ventela dengan brand asal California tersebut.

Melalui akun Instagram resminya, Ventela menjelaskan desain yang fotonya diturunkan oleh Vans telah didaftarkan secara legal ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (HAKI) Kementerian Hukum dan HAM. Mereka merasa tidak melanggar hukum dan desain yang dianggap mirip menjadi hal yang lumrah dalam industri bisnis kreatif.

Vans sebagai lini sepatu populer berani melakukan hal apapun untuk mencecar pihak-pihak yang memplagiasi desain sepatu milik Paul Van Doren dkk. Pada tahun 2018, brand ini menuntut Target karena menjiplak desain Old Skool milik Vans. Mereka menganggap perusahaan retail itu sengaja membuat tiruan seperti Vans agar mengecoh konsumen. Selain itu, mereka juga pernah menuntut Skechers dan Primark karena menjiplak desain mereka.

Tangkapan layar pernyataan Ventela (Instagram @ventelashoes)