Lima Bulan Diluncurkan, Disney Plus Capai 50 Juta Pelanggan
Doctor Dolittle, salah satu film yang masuk ke daftar tayang Disney Plus (Universal Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Baru dirilis lima bulan, Disney Plus mengklaim telah memiliki 50 juta pelanggan berbayar di seluruh dunia per 8 April. Dikutip dari Variety, Kamis, Disney mengabarkan penambahan 21 juta pelanggan dalam waktu dua bulan saja.

Perolehan ini didapatkan setelah Disney Plus dirilis di negara-negara Eropa seperti Prancis, Austria, Italia, Jerman, dan Inggris. Di tengah lockdown yang dilakukan sejumlah negara di Eropa, mengakses layanan on demand menjadi pilihan utama masyarakat yang tidak bisa bepergian.

Selain itu, Disney Plus baru dirilis secara resmi di India. Respons yang diberikan sama, sehingga kurang dari satu pekan sejak dirilis langsung meraih delapan juta pelanggan. Disney Plus telah menunjukkan rencana untuk mencapai 60 hingga 90 juta pelanggan pada akhir 2024. Dengan perolehan angka saat ini, sepertinya target Disney Plus akan lebih cepat tergapai.

Tidak berhenti di situ, Kevin Mayer - ketua Disney bagian Direct-to-Consumer dan Internasional - menyatakan Disney Plus akan memanjangkan ekspansi menuju Amerika Latin dan Jepang. Pihak Disney menjamin kesuksesan yang didapatkan karena industri streaming yang sedang marak digunakan.

Pandemi virus corona memang menelantarkan sejumlah bisnis milik Disney, termasuk tutupnya sejumlah taman bermain Disney di beberapa negara. Sebagai salah satu sumber penghasilan terbesar, Disney tentu harus memikirkan strategi agar tetap meraih keuntungan.

Disney Plus menjadi jawaban Disney untuk tetap bersaing dan menghasilkan pundi-pundi. Munculnya Disney Plus menjadi angin segar di tengah ramainya layanan streaming on demand. Dengan berani, Disney menawarkan konten eksklusif Disney dan Marvel bagi pelanggannya. Artinya konten ini tidak selalu tersedia di layanan streaming lainnya.

Strategi lain yang dilakukan Disney Plus adalah bekerja sama dengan provider gawai untuk menawarkan paket. Di Amerika Serikat, Disney Plus bekerja sama dengan Verizon untuk memberikan akses gratis selama satu tahun dimulai akhir tahun 2020. Di India, layanan streaming Hotstar bekerja sama dengan Disney Plus untuk distribusinya. Pelanggan Hotstar secara otomatis bisa mengakses seluruh konten Disney Plus.

Untuk bulan ini, Disney Plus merencanakan sejumlah perilisan film dan serial tv, antara lain Doctor Dolittle, Onward, serial Star Wars: The Clone Wars, dan One Day at Disney.