Bagikan:

JAKARTA - Setiap tahun, tren warna cat rumah terus berubah seiring dengan perkembangan gaya hidup dan kebutuhan estetika masyarakat.

Menjelang akhir tahun ini, tren warna cat rumah berfokus pada perpaduan nostalgia masa lalu dengan sentuhan modern dan ramah lingkungan. Lantas, warna seperti apa yang bakal digemari tahun depan?

CEO Propan Raya, Kris Adidarma mengatakan, tren warna cat bergaya retro akan terus menjadi pilihan utama hingga tahun 2025. 

“Warna beet adalah perpaduan unik antara ungu dan merah, menghasilkan rona merah keunguan yang khas. Warna ini terinspirasi dari kombinasi elemen warna utama milik Propan,” ungkap Kris, seperti dikutip Antara.

Sejalan dengan pendapat tersebut, situs Elle Decor mengungkapkan, perusahaan cat global, Behr, telah menetapkan warna merah tua bernama ‘Rumors’ sebagai tren utama mereka untuk tahun 2025. Warna ini diharapkan mampu membangkitkan nuansa nostalgia era 90-an dengan sentuhan modern yang lebih elegan dan dewasa.

‘Rumors’ digambarkan sebagai simbol dari optimisme baru dan ekspresi diri yang lebih bebas, menjadikannya relevan dalam tren desain masa kini. Bila disederhanakan, warna Rumors ini adalah merah marun.

Kris juga menekankan pentingnya memilih cat yang tidak hanya mengikuti tren, tetapi juga mempertimbangkan aspek kesehatan dan keberlanjutan.

“Selain estetika, memilih cat ramah lingkungan sangat penting. Propan Raya merupakan perusahaan cat pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikasi Singapore Green Label dan memiliki Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tinggi,” jelas Kris.

Dia menambahkan, produk ramah lingkungan akan menjadi fokus utama di masa mendatang, seperti pengembangan cat berbasis air (water-based).

“Dulu, cat sintetik umumnya berbasis minyak. Sekarang kami mengembangkan teknologi cat sintetik berbasis air yang ramah lingkungan, bahkan dapat diaplikasikan pada logam tanpa mengurangi daya lekatnya," tuturnya.