Bagikan:

JAKARTA - Antusiasme mendapatkan biaya pendidikan gratis alias beasiswa ternyata masih tinggi peminat. Hal itu terbukti dari data yang diterima grup fintech, Flip saat membuka pendaftaran beasiswa baru-baru ini. Semenjak pendaftaran dibuka di tanggal 9 September, ScholarFlip menerima lebih dari 6.000 pendaftar dari seluruh Indonesia.

Program beasiswa pertama di Indonesia yang dikhususkan untuk mahasiswa yang menerapkan gaya hidup hemat. ScholarFlip merupakan bagian dari program Bangga Jadi Hemat yang digagas oleh Flip, untuk mendorong generasi muda menjadi lebih cerdas dalam mengelola keuangan.

"Kami berharap hal tersebut dapat menginspirasi lebih banyak anak muda untuk bangga menerapkan prinsip berhemat, membuktikan bahwa kesuksesan finansial dan akademik dapat diraih bersamaan," ujar Rafi Putra Arriyan, Presiden Direktur Flip dalam keterangan resminya.

Berikut adalah sekilas gaya hidup hemat yang diterapkan oleh para pemenang beasiswa, yang dapat menjadi inspirasi bagi sesama mahasiswa:

1. Menjadi content creator

Sambil kuliah dan menyusun anggaran bulanan yang ketat. Menunjukkan bahwa mahasiswa bisa produktif dan kreatif dalam mencari penghasilan tambahan tanpa mengabaikan pendidikan.

2.Tidak jajan di luar

Memasak sendiri, membawa bekal minum, berjalan kaki ke kampus, dan memanfaatkan  transaksi bebas biaya admin.

3. Membuat anggaran bulanan detail

Mencatat setiap transaksi. Disiplin dan perencanaan yang baik adalah kunci dalam mengelola keuangan.

4. Menabung sejak kecil

Memanfaatkan dompet digital, dan mengurangi transaksi tunai untuk menghindari kehilangan uang receh. Kebiasaan hemat yang ditanamkan sejak dini dapat membentuk pola pikir finansial yang kuat.

6. Aktif mencari dan memanfaatkan

Berorganisasi, menjadi freelance MC, Voice Over, dan juri debat, serta memanfaatkan kesempatan magang untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

7. Memisahkan rekening uang jajan dan tabungan

Jangan lupa juga untuk memanfaatkan Flip untuk transfer antar bank gratis.