Bagikan:

JAKARTA - Mengecat dinding warna cat hitam sering dianggap berisiko bagi sebagian besar orang. Apabila Anda berencana mengecat dinding warna hitam, sebaiknya ketahui dahulu kekurangannya. Apabila salah memilih cat, ini akan membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman.

Dilansir dari laman No Broker, mengecat rumah dengan warna hitam bukan hal 'ilegal'. Meski begitu, sejumlah ahli desain dan cat menganjurkan menghindari warna hitam dan gelap untuk dinding rumah.

Bukan karena seram, berikut 3 alasan mengapa warna cat dinding warna hitam harus dihindari, seperti dilansir dari laman No Broker.

1. Mudah Pudar

Hal pertama yang menghalangi Anda mengecat rumah dengan warna hitam adalah kecenderungan cat hitam untuk menyerap sinar UV matahari dan memudar. Karena warna memudar lebih cepat, Anda harus mengecat ulang rumah secara berkala. Ini tidak hanya mahal, tetapi juga memakan waktu.

2. Membuat Rumah Tambah Panas

Faktor berikutnya yang tidak cocok untuk warna hitam adalah efek pemanasan. Anda akan merasakan kepanasan dengan dinding rumah warna hitam.

Warna hitam menyerap panas, dan rumah akan merasakan peningkatan suhu. Hal ini akan menyebabkan biaya AC yang lebih tinggi. Hal ini tidak berlaku bagi orang yang tinggal di daerah yang terkena sinar matahari.

3. Sulit Dijual

Banyak orang memiliki pendapat kuat mengenai warna dinding rumah hitam. Rumah berwarna gelap bukanlah pilihan ideal bagi banyak pembeli rumah. Ini akan menjadi kendala saat Anda ingin menjual rumah.