Bagikan:

JAKARTA - Selain menjadi aktris dan pembawa acara, Nadia Mulya kini juga disibukkan sebagai seorang pegiat lingkungan. Ia membangun sebuah komunitas yang fokus pada lingkungan bersama Langit Biru Pertiwi.

Sebagai pegiat lingkungan, Nadia mengaku mengalami banyak tantangan. Namun, tantangan terbesarnya adalah mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

“Tantangan terbesarnya itu adalah edukasi dan awerness ke orang-orang (untuk menjaga lingkungan). Capeknya di situ, kita mau mengedukasi, tapi yang diedukasi itu sulit menerima,” kata Nadia Mulya saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, pada Kamis, 3 Oktober 2024.

Nadia Mulya mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak spot wisata menarik, yang menonjolkkan kekayaan alam. Namun, alam tersebut tidak dijaga dengan baik, bahkan oleh masyarakat sekitarnya, yang sering membuang sampah sembarangan.

“Indonesia itu bagus banget, ada beberapa spot-spot yang kayaknya nggak kalah dari lokasi lain di dunia. Tapi kamu akan melihat sampah, bahkan kadang yang membuang sampahnya itu sendiri adalah orang yang tinggal di situ,” tuturnya.

“Jadi di satu sisi kita terberdayakan, di sisi lain kita merasa hopeless itu sih menurut aku,” tambahnya.

Dengan itu, Nadia mengaku selalu berusaha untuk terus aktif melakukan kegiatan lingkungan bersama Langit Biru Pertiwi. Ia berharap kegiatan yang dilakukan bisa semakin membangun kesadaran orang-orang untuk ikut aktif menjaga lingkungan.

“Langit Biru Pertiwi mengajak teman-teman untuk melakukan kegiatan karena saat kita berkontak dengan lingkungan dan melihat fakta paradoks itu, orang-orang akan merasa ‘aku harus melakukan sesuatu’,” jelas Nadia Mulya.