Bagikan:

JAKARTA - Ingin terhubung dengan diri Anda yang paling dalam? Atau ingin menjalani kehidupan yang lebih bermakna? Jawabannya, yang mungkin sulit Anda percayai, tidak terletak di luar diri. Sebaliknya, jawaban itu ada di dalam diri Anda dengan cara menemukan nilai-nilai diri. Pasalnya, value atau nilai-nilai dalam diri menentukan seperti apa hidup yang bermakna bagi Anda. Memiliki value kehidupan bahkan dapat membantu Anda pulih dari berbagai kondisi. Beberapa perawatan berbasis bukti menggunakan nilai-nilai sebagai dasar untuk mengobati depresi.

Di dunia yang serba cepat saat ini, sangat dapat dimengerti jika Anda merasa terputus dari value diri. Seringnya, Anda merasa bergantung pada agenda dan keinginan pribadi orang lain terhadap Anda.

Namun, dengan menemukan value diri, Anda dapat menemukan jalan. Kuncinya adalah berhenti sejenak dari penatnya kehidupan dan renungkan kembali kualitas-kualitas paling penting dalam diri Anda, bukan orang lain.

Mengidentifikasi value diri dan menjalaninya dengan tegas membantu Anda membangun kehidupan yang memuaskan dalam berbagai cara, seperti:

Tidak membiarkan emosi atau pikiran negatif menguasai

Ketika mengetahui value diri, akan lebih mudah untuk tidak membiarkan rasa takut, cemas, atau pikiran negatif menghalangi Anda mengejar proyek, aktivitas, atau petualangan yang sangat penting dan menginspirasi.

Value diri dapat memunculkan semangat dari dalam diri untuk menulis buku yang membantu melewati masa sulit, atau bepergian ke lokasi impian yang luar biasa. Value diri merupakan bahan bakar yang membuat Anda terus bergerak ke arah yang ingin dituju, bahkan ketika kegelisahan atau keraguan diri muncul.

Serupa dengan itu, value diri berfungsi sebagai pita resistensi terhadap seberapa banyak (jika ada) kemarahan, frustrasi, kecemburuan, atau emosi lain yang berpotensi membebani dapat terbentuk saat menyelesaikan konflik atau memperbaiki hubungan. Value diri membimbing Anda dalam mengambil tindakan atas apa yang dihargai.

Menjaga batasan

Value dalam diri membantu Anda bersikap tegas saat menolak permintaan, undangan, dan aktivitas yang tidak begitu berarti. Mengatakan "tidak" pada hal-hal yang kurang penting memberi Anda waktu, energi, dan sumber daya untuk hal-hal yang benar-benar penting bagi Anda. Jika masih kesulitan mengatakan tidak, ketahuilah bahwa itu adalah keterampilan yang dapat diasah dan dikuasai oleh siapa pun.

Memberi rasa memiliki tujuan

Mengungkapkan value diri membantu Anda bangun dengan rasa memiliki tujuan hidup. Sehingga lebih percaya diri dan tak peduli dengan hambatan atau pemicu stres apapun yang muncul. 

Penelitian telah menemukan bahwa memiliki tujuan dalam hidup dapat menghasilkan berbagai manfaat, termasuk mengurangi kecemasan, depresi, dan stres. Mempertahankan rasa memiliki tujuan di usia paruh baya bahkan dapat memprediksi kesejahteraan fisik yang lebih baik

Menghadapi situasi sulit

Saat situasi sulit atau muncul dilema hidup, value diir dapat memandu Anda dalam pengambilan keputusan. Nilai-nilai inti dapat memberi Anda kejelasan selama masa-masa yang mungkin kacau dan membingungkan. Nilai-nilai tersebut menuntun untuk membuat keputusan bijak dan sehat yang dapat mempersiapkan Anda meraih kesuksesan dalam jangka panjang.