Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengetahuan masyarakat akan langkah evakuasi saat kebakaran membantu menyelamatkan nyawa dalam musibah tersebut. Sayangnya belum sepenuhnya orang tahu bagaimana langkah evakuasi yang tepat di tengah kobaran api.

Evakuasi kebakaran harus mengutamakan keselamatan semua pihak khususnya evakuator. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Langkah Evakuasi Saat Kebakaran

Evakuasi kebakaran adalah memindahkan orang dari tempat yang berbahaya karena api ke tempat lain yang lebih aman. Untuk melakukan pemindahan, ada beberapa langkah yang dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Tenang dan Identifikasi Sumber Api

Yang harus dilakukan pertama kali saat berada di sekitar kebakaran adalah tetap tenang dan jangan panik. Rasa panik akan membuyarkan konsentrasi sehingga tidak mampu berpikir jernih. Setelah tenang segera identifikasi sumber api mencakup seberapa besar, apakah api bisa dipadamkan sendiri atau harus dilakukan oleh pemadam kebakaran profesional.

  1. Segera Menjauh dari Titik Api

Jika Anda berada di dekat sumber api atau area yang dapat dijangkau oleh api, segera menjauh menuju jalur evakuasi darurat. Jangan menuju area yang mudah terbakar seperti bangunan berkayu. Api sangat mungkin menyambar kayu, kertas, atau apapun dengan sangat cepat.

  1. Aktifkan Alarm Kebakaran

Jika memungkinkan, segera aktifkan alarm kebakaran untuk memperingatkan orang lain yang ada di satu gedung. Langkah ini hanya bersifat anjuran, jika kondisi sangat tidak mungkin mengaktifkan alarm, Anda bisa langsung pergi ke luar ruangan.

  1. Gunakan APAR

Alat Pemadam Api Ringan yang berupa tabung berwarna merah mampu memadamkan api dengan cepat. APAR bisa digunaknan untuk memadamkan api berskala kecil yang bisa diatasi secara mandiri. Cara menggunakan APAR adalah dengan berdiri di jarak aman dengan api. Kemudian tarik pin pengaman yang ada di APAR sambil mengarahkan nosel ke dasar api. Setelah itu tekan tuas untuk menyemprotkan APAR hingga api padam atau habis.

  1. Hubungi Damkar

Jangan pernah gegabah untuk memadamkan api secara mandiri. Jika kobaran api terus membesar, segera hubungi dinas pemadam kebakaran di kota Anda. Api bisa mendadak membesar karena embusan angin atau membakar bahan yang mudah terbakar dalam hitungan detik. Semakin cepat menghubungi Damkar, semakin kecil pula risiko kerugian terjadi yang diakibatkan kebakaran.

  1. Matikan Panel Listrik

Jika memungkinkan untuk mematikan panel listrik sebaiknya segera dimatikan. Aliran listrik akan memperparah kondisi kebakaran karena mampu memicu titik api lainnya. Usahakan agar listrik di dalam gedung benar-benar terputus.

  1. Evakuasi Orang di Sekitar

Perhatikan kondisi sekeliling, jika ada orang lain segera evakuasi orang tersebut menuju tempat yang lebih aman. Evakuasi diutamakan bagi golongan lansia, anak-anak, wanita, atau orang berkebutuhan khusus.

  1. Hindari Asap Api

Dalam bencana kebakaran, asap api juga tak kalah berbahaya sehingga sangat penting untuk menghindarinya. Usahakan untuk mencari tempat aman yang tidak terpapar asap.

Itulah beberapa langkah evakuasi saat kebakaran. Kunjungi VOI.id untuk mendapakan informasi menarik lainnya.