Bagikan:

YOGYAKARTA – Keberadaan nyamuk di dalam sebuah rumah memang sangat mengganggu. Tidak hanya memicu rasa gatal, nyamuk berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan yang mengancam manusia. Untuk menangani gangguan serangga tersebut sebagian masyarakat memilih cara mengusir nyamuk dengan HP, yakni dengan semacam aplikasi yang memacarkan suara bergelombang tinggi.

Cara Mengusir Nyamuk dengan HP

Beberapa aplikasi di bawah ini mampu mengeluarkan frekuensi suara yang diyakini mampu membuat nyamuk terbang menjauh. Anda bisa mengunduhnya di PlayStore atau AppStore.

  1. Frequency Generator

Frequency Generator Sound Player adalah sebuah aplikasi yang mampu menghasilkan gelombang suara dengan pengaturan sesuai kebutuhan. Rentang suara yang bisa dicoba untuk mengusir nyamuk bisa dari 1Hz hingga 22000Hz.

  1. Mosquito Sound

Aplikasi sederhana yang bisa mengeluarkan gelombang suara tinggi pengusir nyamuk adalah Mosquio Sound. Cara penggunaannya sangat mudah karena cukup menekan tombol on/off. Nantinya aplikasi akan menghasilkan suara dengan frekuensi yang diinginkan. Untuk usir nyamuk disarankan untuk mengeluarkan frekuensi suara 17.400 Hz sampai 20.000 Hz.

  1. Sonic Mosquito Repellent

Sonic Mosquito Repellent punya fitur yang sedikit beragam. Ada dua fitur yang tersedia yakni pemutar suara dan ultrasound frekuensi rendah. Di fitur pemutar suara, pengguna bisa memilih suara sesuai frekuensi yang diinginkan mulai 8kHz, 10kHz, 12kHz, 14kHz, hingga 15kHz. Pengguna bisa memilih frekuensi mana yang ingin dicoba.

Kebenaran Aplikasi Pengusir Nyamuk

Meski banyak tersedia aplikasi yang mengklaim mampu menghasilkan suara frekuensi tinggi, namun penggunaan aplikasi HP usir nyamuk perlu dipertanyakan. Lalu apakah aplikasi pengusir nyamuk benar-benar nyata?

Dilansir dari website The Independent, Dr. James G. Logan, Dosen Senior dan Direktur Pusat Uji Produk Pengendalian Arthropoda di London School of Hygiene & Tropical Medicine mengatakan bahwa nyamuk memang mampu berkomunikasi lewat frekuensi kepakan sayap. Akan tetapi, belum ada penelitian yang meneliti aplikasi pengusir nyamuk.

"Karena tidak ada data yang mendukung penggunaannya, aplikasi ini tidak direkomendasikan," tuturnya.

Cara Menghindari Gigitan Nyamuk

Satu-satunya cara yang direkomendasikan oleh Dr. James G. Logan untuk menghindari gigitan nyamuk, baik di rumah atau ketika bepergian di wilayah yang banyak nyamuknya adalah dengan obat nyamuk.

Dr. James G. Logan merekomendasikan obat nyamuk dengan kandungan DEET 30-50 persen untuk dipakai di wilayah dengan risiko gigitan nyamuk tinggi. Untuk wilayah dengan risiko rendah, bisa menggunakan obat lain serta menggunakan pakaian panjang dan loggar. Usahakan menggunakan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk saat tidur.

Selain itu mengantisipasi gigitan nyamuk akan membantu seseorang memperkecil risiko terkena ancaman kesehatan salah satunya Arbovirus, penyakit yang disebarkan lewat gigitan serangga.

Itulah informasi terkait cara mengusir nyamuk dengan HP. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.id.