Bagikan:

YOGYAKARTA – Makanan yang mengandung gandum utuh bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet. Makanan ini mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, serta dapat memberikan efek kenyang lebih lama karena kaya akan serat.

Apa itu Gandum?

Gandum adalah jenis tanaman biji-bijian yang masih satu kelompok dengan beras, oat, sorgum, gandum hitam, dan jawawut.

Gandum termasuk bahan pangan tinggi karbohidrat dan, sehingga dapat mencukupi kebutuhan energi harian. Menariknya, karbohidrat yang ada di dalam gandum mengandung sedikit gula. Konsumsi gandum akan memberikan efek kenyang lebih lama sehingga cocok untuk diet.

Gandum biasanya tersedia dalam bentuk biji-bijian utuh atau diproses menjadi berbagai jenis tepung. Selain itu, gandum juga dapat ditemukan dalam sejumlah produk olahan seperti kue, roti, dan sereal.

Apa Saja Makanan yang Mengandung Gandum Utuh?

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini adalah makanan yang mengandung gandum utuh dan baik dikonsumsi saat menjalankan program penurunan berat badan:

  1. Roti Gandum

Roti gandum adalah salah satu sumber gandum utuh yang paling mudah ditemui. Dibuat dari tepung gandum, roti ini mengandung lebih banyak serat dan nutrisi dibandingkan dengan roti putih yang telah melalui proses penggilingan.

Roti gandum umumnya memiliki kalori yang lebih rendah. Satu tangkup 9dua helai) roti gandum setara dengan 138 kalori dan 4 gram serat. Jumlah ini cukup untuk menghalau rasa lapar hingga siang hari.

Bagi Anda yang menjalankan program diet, akan lebih baik jika Anda menambahkan sumber protein, seperti telur dan sayuran atau buah-buahan.

  1. Oatmeal

Oatmeal juga termasuk makanan sehat sehat yang mengandung gandum utuh. Oat kaya akan serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menjaga kestabilan gula darah.

Oatmel dapat menjadi pilihan ketika Anda sedang berdiet. Satu porsi oatmel (4 sendok makan oatmeal kering) mengandung 140 kalori.

Oatmeal umumnya dijadikan sebagai menu sarapan. Oatmel dapat dihidangkan dengan tambahan potongan buah-buahan yang segar, sehingga bisa membuat Anda kenyang tanpa membuat kalori melonjak.

  1. Sereal

Sereal gandum merupakan makanan sehat yang tinggi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Anda bisa menikmati sereal gandum sebagai menu sarapan yang tinggi serat dan rendah gula. Ini bisa menghindarkan Anda untuk menyantap camilan karena rasa kenyang lebih lama.

Saat ini, sudah banyak produk sereal yang terbuat dari biji gandum utuh yang juga rendah gula. Menyantap sereal di pagi hari akan membuat Anda lebih bertenaga dan mengganjal perut sampai jadwal makan selanjutnya.

  1. Pasta gandum

Jenis pasta ini terbuat dari tepung gandum, sehingga mengandung vitamin, mineral, dan serat yang lebih tinggi ketimbang pasta biasa. Selain itu, jumlah kalori yang terdapat dalam pasta gandum juga lebih rendah.

Contohnya, spageti gandum memiliki serat 2,5 kali lebih banyak ketimbang spageti biasa.

Demikian informasi tentang makanan yang mengandum gandum utuh. Dapatkan update berita menarik lainnya hanya di VOI.ID.