Bagikan:

BOGOR - Perangkat RT di Perumahan Citra Kencana, Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor memanfaatkan momentum peringatan HUT RI ke-79 tahun 2024, dengan menggelar berbagai perlombaan bagi anak-anak.

Perlombaan 17-an ini sengaja dibuat untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan dan menanamkan rasa cinta Tanah Air sejak usia dini.

Di perumahan yang dihuni lebih dari seratusan kepala keluarga (KK) ini digelar berbagai perlombaan 17-an dengan berbagai kreativitas sendiri-sendiri. Khususnya di RT 04/RW 05 , kegiatan difokuskan pada perlombaan anak-anak dan orang dewasa.

"Hal ini bertujuan membangkitkan semangat kemerdekaan kepada anak-anak sejak dini," kata Ketua Panitia 17-an RT04 Perum Citra Kencana, Dimas Rezkyputra, Minggu 18 Agustus.

Dimas menjelaskan, kegiatan perlombaan dilaksanakan selama dua hari, Sabtu kemarin dan Minggu pagi. Kebahagiaan anak-anak dalam perlombaan merupakan tujuan utama.

"Kami ingin melihat anak-anak happy di hari kemerdekaan," ujar tambah Dimas

Semarak hari kemerdekaan Indonesia berkibar menjelang hari H, 17 Agustus . Warga serempak memasang bendera dan membersihkan kawasannya masing-masing sebagai wujud menyambut hari istimewa itu.

Di sana warga bahu membahu membersihkan kawasannya, mulai menata taman, menebali marka jalan, pasang umbul-umbul merah putih. Tak hanya itu, bahkan telah membentuk panitia lomba warga yang akan memeriahkan 17 Agustus nanti.

Beberapa lomba yang telah disiapkan di antaranya, untuk anak yaitu makan kerupuk, masukkan paku dalam botol dan kumpulkan karet dalam sedotan. Sementara untuk kategori dewasa yaitu gobak sodor.

Ketua RT 04 Perumahan Citra Kencana Ace Ma Muri, mengatakan bahwa kegiatan ini bagian dari turut andil warganya memeriahkan Agustusan yang menjadi hari penting bagi kemerdekaan Indonesia.

“Kemerdekaan ini adalah hari yang patut kita syukuri, yang karenanya kita bisa hidup bebas dari penjajah,” kata Ace

Selain itu, menurut Ace, untuk menjaga silaturahmi, gotong royong dan kekompakan antar warga. Karena dengan adanya beberapa kegiatan tersebut antar warga saling membaur satu sama lain.

“Setiap warga ini kan punya kesibukannya masing-masing. Nah, dengan berbagai kegiatan ini kita semua kembali guyub dan ada gotong royong,” kata dia.

Ace menambahkan selain beberapa kegiatan perlombaan hari ini,  juga akan ada syukuran bersama di malam 17 Agustus 2023 nanti. Acara ini akan diikuti oleh semua warga baik bapak-bapak maupun ibu-ibu.