Bagikan:

JAKARTA - Raihaanun dan Reza Rahadian kembali dipasangkan dalam film Gowok Kamasutra Jawa. Film Produksi MVP Pictures yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini sedang melakukan syuting di studio Gamplong, Yogyakarta.

Dalam kebudayaan Jawa, Gowok adalah sebutan untuk perempuan yang disewa untuk mengajarkan perihal rumah tangga dan seksualitas kepada laki-laki berusia remaja atau sebelum menikah. Keluarga mempelai laki-laki menyewakan gowok untuk anak mereka sebelum menikah. Gowok akan mengajarkan salah satunya tentang memuaskan istri dan memperkenalkan tubuh perempuan.

"Kamasutra kan dari India. Itu sebuah buku yang berisi tentang tata cara atau pendidikan seksual pasangan yang sudah menikah. Sementara di Jawa ada itu namanya Serat Centhini. Tapi kalau saya menyebut Centhini yang tahu tuh sedikit hanya orang Jawa, kalau saya menyebut ini film Kamasutra Jawa, mungkin orang akan paham," ujar Hanung Bramantyo saat ditemui di lokasi syuting 'Gowok Kamasutra Jawa', Gamplong, Yogyakarta, Rabu, 10 Juli.

Hanung pun bersyukur MVP Pictures menyambut positif ide film Gowok Kamasutra Jawa. "Saya merasa Pak Raam yang memang menyukai hal-hal yang sifatnya unik. Sejak awal bikin film sama Pak Raam itu unik semua, mulai dari Sang Pencerah, Cinta Tapi Beda, Soekarno dan yang terakhir Tuhan Izinkan Aku Berdosa," ucap Hanung.

"Saya membuat film ini tetap untuk market bukan untuk festival saja. Saya bikin film untuk orang Indonesia dan marketnya Indonesia, tapi kalau dibawa ke luar negeri saya merasa masih bisa relate, masalah umum nggak cuman masalah Indonesia aja," lanjutnya.

Hanung juga mengungkapkan Gowok Kamasutra Jawa tidak akan mengumbar adegan seks. "Film ini nggak akan seperti 'Kama Sutra: A Tale of Love' karya Mira Nair. Saya tidak akan menampilkan adegan-adegan yang membuat penonton merasa jijik. Jadi penonton jangan khawatir, saya juga tahu kok batas-batas itu," tutupnya.

Selain Raihaanun dan Reza Rahadian, film ini juga dibintangi oleh Lola Amaria, Ali Fikry, Nayla Denny Purnama, Slamet Rahardjo, Djenar Maesa Ayu, Aldy Bias, Donny Damara, dan masih banyak lagi.