Bagikan:

YOGYAKARTA - Banyak yang beranggapan kalau satuan liter dan juga kilogram itu sama saja, padahal, hal itu tak sepenuhnya benar loh, tergantung massa jenis suatu cairan juga karena semua ada rumus matematikanya. Ingin tahu 1 liter berapa kg? Yuk simak uraiannya di bawah ini!

Pasalnya, kedua satuan ini kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya untuk mengukur volume dan berat suatu benda.

Pada saat kita berbicara tentang ukuran serta konversi, perihal itu dapat membuat kepala kita pusing. Namun tenang saja, kali ini kita bakal mengulasnya dengan metode yang simpel supaya kalian dapat memahaminya dengan gampang.

Ilustrasi pengukur Kilogram (Gambar Ries Bosch-Unsplash)
Ilustrasi pengukur Kilogram (Gambar Ries Bosch-Unsplash)

Satuan Berat Adalah

Kg (Kilogram) merupakan satuan yang biasanya digunakan buat mengukur berat ataupun massa suatu barang. Jadi, pada saat kita mau mengenali berapa berat dari suatu volume cairan, semacam liter, maka kita butuh melakukan konversi yang pas.

Kg merupakan satuan berat yang setara dengan 1000 gr. Satuan kg kerap digunakan buat mengukur berat sesuatu barang, semacam beras, gula, serta lain-lain.

Satuan Liter Adalah

Secara sederhana, liter merupakan satuan pengukuran volume yang biasanya digunakan buat cairan. Misalnya, pada saat kita berdialog tentang berapa banyak air ataupun minyak yang bisa ditampung oleh suatu wadah, kita bakal memakai satuan liter.

Liter merupakan satuan volume yang setara dengan 1 dm³ ataupun 1000 cm³. Satuan liter kerap digunakan buat mengukur volume cairan, semacam air, susu, minyak, serta lain-lain.

Cara Menghitung 1 Liter Berapa KG

Buat mengkonversi satu liter ke kg, kita perlu memperhitungkan densitas cairan yang lagi kita hitung. Tiap tipe cairan mempunyai densitas yang berbeda-beda, sehingga metode menghitungnya dapat bermacam-macam. Densitas ialah dimensi dari massa per satuan volume dari suatu zat. Dengan mengenali densitas cairan yang bersangkutan, kita bisa dengan gampang menghitung beratnya dalam kg.

Secara umum, 1 liter sama dengan 1 kg. Akan tetapi, butuh diingat kalau massa jenis sesuatu barang berbeda-beda. Massa jenis adalah perbandingan antara massa serta volume suatu barang.

Massa tipe air merupakan 1 kilogram/liter. Maksudnya, 1 liter air mempunyai massa 1 kg.

Sebaliknya massa tipe beras yaitu 0,753 kilogram/liter. Maksudnya, 1 liter beras mempunyai massa 0,753 kg.

Berikut adalah daftar satuan liter beserta konversinya:

Satuan

Konversi

Liter (L)

1 L = 1 dm³ = 1000 cm³

Deciliter (dL)

1 dL = 0,1 L

Centililiter (cL)

1 cL = 0,01 L

Mililiter (mL)

1 mL = 0,001 L

Supaya lebih menguasai konversi antara liter serta kg, berikut merupakan beberapa contoh densitas beberapa cairan umum:

Air bersih mempunyai densitas sekitar 1 kg per liter.

Minyak goreng mempunyai densitas kurang lebih 0,92 kg per liter.

Bensin mempunyai densitas kurang lebih 0,74 kg per liter.

Bicara soal matematika sehari-hari, alangkah baiknya kalian juga mempelajari  “Begini Cara Menghitung Diskon yang Benar” agar tak mudah terpedaya marketing suatu saat nanti.

Jadi setelah mengetahui 1 liter berapa kg, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!