Bagikan:

YOGYAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memantau adanya Siklon Tropis Ewinar yang berada di laut Filipina. Lantas, apa dampak siklon tropis Ewiniar di Indonesia?

Sebelumnya, ayo pahami dahulu tentang siklon tropis. Siklon tropis sendiri merupakan badai besar yang tercipta di atas lautan hangat dengan kecepatan tinggi. Siklon tropis berkembang di atas perairan hangat dengan daerah perawanan konvektif.

Siklon tropis mempunyai mata siklon di pusatnya, yang dikelilingi oleh dinding mata yang ialah daerah dengan kecepatan angin paling tinggi serta curah hujan terbanyak. Masa hidup siklon tropis berkisar antara 3 sampai 18 hari, serta bakal melemah pada saat bergerak ke perairan dingin ataupun daratan.

Menurut laman BMKG, siklon tropis dapat berkembang di Atlantik Barat, Pasifik Timur, Pasifik Utara bagian barat, Samudera Hindia bagian utara serta selatan, Australia serta Pasifik Selatan. Sekitar 2/3 peristiwa siklon tropis terjalin di belahan bumi bagian utara.

Ada pula 65% siklon tropis terbentuk di wilayah antara 10°-20° dari ekuator. Hanya sekitar 13% siklon tropis yang berkembang diatas wilayah lintang 20°, sebaliknya di wilayah lintang rendah (0°-10°) siklon tropis jarang tercipta.

Ilustrasi Siklon Tropis Ewiniar (earthdata.nasa)
Ilustrasi Siklon Tropis Ewiniar (earthdata.nasa)

Terkait Siklon Tropis Ewiniar

Mengutip dari Instagram resmi bmkg@infobmkg, Siklon Tropis Ewiniar nampak di laut Filipina, tepatnya 15,8° Lintang Utara serta 122,8° Bujur Timur ataupun kurang lebih 1.420 kilometer sebelah barat laut-utara Tahuna.

Kecepatan angin maksimum 65 knot (120 kilometer/ jam) serta tekanan udara maksimum 985 hPa. Diperkirakan kecepatan angin maksimum Siklon Tropis Ewiniar bakal bertambah dalam 24 jam ke depan.

Dampak Siklon Tropis Ewiniar di Indonesia

Siklon Tropis Ewiniar sendiri disebut tidak berakibat langsung untuk cuaca di Indonesia. Tetapi, BMKG meminta warga waspada akan akibat hujan dengan intensitas sedang sampai lebat di kawasan pulau Kalimantan.

Tidak cuma itu, dalam Antara, BMKG pula menyoroti kemampuan gelombang laut setinggi 2.5 m hingga-4.0 m yang berpeluang terjadi di Samudra Hindia Barat, Kepulauan Mentawai sampai Lampung.

"Hati-hati beraktivitas di luar rumah serta senantiasa perbarui informasi cuaca dari website, aplikasi, serta media sosial@infobmkg," tulis BMKG.

Dampak Siklon Teopis Secara Umum

I. Dampak Langsung

Yang diartikan selaku dampak langsung siklon tropis yaitu akibat yang ditimbulkan oleh siklon tropis ada daerah-daerah yang dilaluinya. Ini bisa berbentuk gelombang besar, gelombang badai ataupun storm surge yang berupa naiknya tinggi muka laut semacam air pasang tinggi yang datang tiba-tiba, hujan deras dan angin kencang.

Contoh pada saat suatu daerah di Indonesia alami dampak langsung keberadaan siklon tropis yaitu pada saat terjadi peristiwa langka yakni tumbuh siklon tropis Kirrily di atas Kepulauan Kai, Laut Banda, pada 27 April 2009. Kirrily menimbulkan hujan lebat serta storm surge di daerah ini. Tercatat puluhan rumah rusak serta puluhan lainnya terendam, jalan raya rusak, serta gelombang tinggi terjadi dari 26 sampai 29 April. Curah hujan tercatat per 24 jam yang tercatat yaitu di Tual adalah sebanyak 20mm, 92mm serta 193mm, masing-masing buat tanggal 27, 28 serta 29 April 2009.

II. Dampak Tidak Langsung

Indonesia bukan merupakan wilayah lintasan siklon tropis, tetapi demikian keberadaan siklon tropis di sekitar Indonesia, terutama yang terbentuk di sekitar Pasifik Barat Laut, Samudra Hindia Tenggara serta sekitar Australia bakal pengaruhi pembentukan pola cuaca di Indonesia. Perubahan pola cuaca oleh adanya siklon tropis inilah yang setelah itu menjadikan siklon tropis memberikan dampak tidak langsung terhadap keadaan cuaca di daerah Indonesia.

Dampak tidak langsung atas terdapatnya siklon tropis bisa berbentuk bermacam perihal, antara lain ialah:

  • Wilayah pumpunan angin.
  • Wilayah belokan angin
  • Wilayah defisit kelembaban

Selain itu kalian juga perlu mengenali “Penyebab Badai dan Hujan Lebat Melanda Indonesia”.

Jadi setelah mengetahui dampak siklon tropis Ewiniar, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!