Bagikan:

JAKARTA - Rumah produksi Mutiara Films akan segera merilis film horor terbaru, 'Suanggi.' Film ini dibintangi Pangeran Lantang dan Carissa Perusset. 

'Suanggi' menjadi salah satu folklor yang hingga kini masih berkembang di masyarakat Indonesia Timur. 

Mitos dan legenda 'Suanggi' merupakan salah satu contoh dari warisan budaya nonbenda sebagai bagian dari cerita rakyat dan kepercayaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lain.

Begitu sakral dan tabunya legenda 'Suanggi' membuat Mutiara Films dan Subtube Studio tertarik mengangkat ke layar lebar.

"Saya dan Ernest Yauwalata punya kerinduan yang sama membuat semacam film yang mengangkat tentang Papua atau Indonesia Timur. Kenapa pilih horor? Karena saat ini yang sedang naik, ya, horor, di bioskop yang bermain sekarang banyak horor," kata Bona Pascal, Produser sekaligus Pemeran Frans di film 'Suanggi'.

"Lalu, kenapa pilih 'Suanggi'? Ini merupakan kearifan lokal dari Indonesia Timur yang punya berbagai macam penafsiran," tambahnya.

Namun akan seperti apa Film Suanggi meneror para penontonnya? Berikut sinopsis Film Suanggi.

Beni (Pangeran Lantang), seorang mantan penyanyi yang kini menganggur hingga memiliki hutang ratusan juta, terpaksa pulang ke tanah kelahirannya Pulau Karangkas Papua. Dengan mengajak pacarnya Gia (Carissa Perusset), Beni memberi tahu Gia bahwa tujuannya pulang hanya untuk menjenguk Mama Lin, ibu angkatnya yang sedang sakit keras. 

Namun, sebenarnya Beni memiliki agenda tersembunyi untuk mencuri harta Mama Lin. Semenjak Beni menginjak tanah kelahirannya kembali setelah 13 tahun lamanya. Kejadian-kejadian aneh secara supranatural mulai terjadi. Yang dikirim oleh sihir Aroba seorang Suanggi. 

Selama ini keluarga Lin dijaga oleh kakak angkatnya, Maria (Stany Imbiri), mantan biarawati yang memilih keluar dari biara karena harus menjaga dan merawat Mama Lin. Hingga pada akhirnya pun Mama Lin meninggal, teror Aroba (Iwa K) semakin dekat dari biasanya.

Film Suanggi juga akan diperankan oleh Iwa K (Ariba), John Yewen ( Bapak John), Obimesak Nubatonis (Salem), Pace Cello ( Tinus), Ian Williams (Reynold), Bona Pascal (Frans), Dayu Wijanto (Mama Lin), Endhita (Sonya), Stany Imbiri (Maria), Eugenia Y (Wawa), dan Keanu Azka (Bagas).

Mutiara Films dan Subtube Studio merencanakan film Suanggi bisa tayang pada akhir 2024.