Bagikan:

YOGYAKARTA – Tipe orang dalam hubungan pertemanan bisa diibaratkan pohon yang memiliki daun, batang, dan akar. Dalam pertemanan, akan menemukan sejumlah tipe orang yang ditemui seperti berikut ini.

1. Seperti daun, hanya musiman dalam berteman

Tipe teman seperti daun ini, hanya akan hadir musiman saja. Karena memiliki tipe “musiman” maka jangan bergantung atau mengandalkan mereka. Keterikatan dengan tipe hubungan pertemanan yang pertama ini, cukup lemah dan akan hilang begitu keadaan berangin atau suhu lebih dingin. Meskipun begitu, tipe pertemanan yang seperti daun ini, mungkin menawarkan keteduhan sementara waktu. Tetapi mereka ada di sana untuk mengambil apa yang mereka butuhkan dari Anda.

tipe hubungan pertemanan
Ilustrasi tipe hubungan pertemanan (Freepik)

Penting dipahami, bukan berarti seseorang dengan tipe teman seperti daun ini jahat. Namun mereka tidak mau atau tidak mampu berada di sisi temannya dalam suka dan duka. Jadi tipe pertemanan yang semusim saja ini tidak bisa langgeng.

2. Tipe teman seperti cabang pohon yang bertahan lebih lama

Tidak seperti tipe teman sebelumnya, pertemanan yang seperti cabang pohon ini dapat bertahan lebih lama, bahkan bermusim-musim. Keterikatan dalam tipe pertemanan kedua ini, lebih kuat daripada daun yang kering dan gugur ketika musim berubah kemarau. Namun perlu dicatat, ketika tekanan datang, teman yang seperti cabang pohon ini belum tentu kuat mengatasinya. Jadi untuk pertemanan jangka panjang, teman seperti ini akan menghindar dari hubungan berisiko tinggi.

3. Tipe pertemanan seperti akar

Kalau Anda dan teman Anda memiliki tipe pertemanan seperti akar, anggap sebuah keberuntungan dan perlu dihargai. Pasalnya, orang-orang yang berteman seperti akar pohon ini selalu berada di samping teman-temannya. Seburuk apapun situasi, mereka akan tetap menjadi teman dan melalui segala macam beban serta badai.

Orang yang seperti akar, mengutip penjelasan profesor Health Policy and Management di City University of New York (CUNY), Bruce Y. Lee, MD., MBA. dilansir Psychology Today, Minggu, 19 Mei, tidak memberi tahu mereka adalah orang-orang akar. Mereka puas berada di bawah dan hal-hal lain yang diperlukan untuk membuat Anda tetap tegak. Inilah yang disebut tipe pertemanan seumur hidup, karena mereka bisa dipercaya dan tahan badai.

Untuk mengenali seperti apa tipe pertemanan Anda, atau Anda dalam berteman, perhatikan seberapa tabah dan bertekadnya mempertahankan hubungan pertemanan meski dalam kondisi sulit.