Bagikan:

Jakarta, 14 Mei 2024 — Komitmen cmlabs dalam mengembangkan dan menyediakan jasa SEO eksklusif di ranah digital terus dibuktikan melalui pencapaiannya, termasuk kesiapan perusahaan untuk menarget pasar Asia Tenggara di tahun 2024 meski baru memasuki tahun ke-5. Sejak awal didirikan, SEO company asal Indonesia ini memiliki visi untuk tidak hanya menjadikan bisnisnya sebagai penyedia layanan, tetapi juga mitra strategis yang dapat membantu para klien memperoleh keberhasilan bisnis secara jangka panjang di berbagai mesin pencari, seperti Google, Bing, dan Yahoo, lewat pertumbuhan situs web yang masif dan visibilitas online yang optimal.

Rochman Maarif selaku founder cmlabs mengutarakan bahwa perusahaan telah menempatkan prioritas pada riset dan pengembangan sumber daya serta ekosistem internal untuk memperkuat strateginya di pasar Asia Tenggara.

"Setiap tahun, tim manajemen cmlabs mengatur target pendapatan setidaknya 2x lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Setelah kami berhasil melampaui target tersebut, mencapai upaya riset dan pengembangan yang optimal, serta pertumbuhan perusahaan yang cukup pesat pada tahun 2023, pada tahun 2024 ini, setelah melalui penilaian yang ketat, akhirnya kami memutuskan untuk masuk ke pasar yang lebih besar, yaitu wilayah Asia Tenggara,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, cmlabs juga berencana memperluas jangkauan layanannya ke platform media sosial, sehingga tak terbatas pada optimasi search engine. Hal tersebut berkaitan dengan hipotesis mengenai perubahan perilaku dan kemungkinan pergeseran preferensi pengguna dari mesin pencari ke media sosial, seperti Instagram, TikTok, X, dan Youtube, terutama pada generasi Z. Tim Research and Development cmlabs pun aktif mengumpulkan data, mengadakan survei, hingga menjalin kerja sama untuk meninjau lebih lanjut hipotesis tersebut.

Tepat di hari jadinya yang ke-5 (14/05), cmlabs menilik kembali perjalanan suksesnya di lima tahun ke belakang. Sebagai agency SEO yang unggul, cmlabs selalu berupaya mempertahankan posisi, komitmen, dan kualitasnya dalam menyediakan SEO Tools dan Jasa SEO melalui penerapan teknik SEO Google yang strategis guna mencapai kepuasan klien. cmlabs pun telah berhasil membantu puluhan klien terkemuka di Indonesia dan mancanegara menguatkan posisinya di persaingan digital, baik itu di bidang kesehatan, keuangan, FMCG, teknologi, dan lainnya 

Gambar 2: Logo anniversary cmlabs yang ke-5.

2. cmlabs Anniversary

Spesial dalam rangka perayaan anniversary cmlabs yang ke-5, sebuah logo ikonis pun diciptakan yang menggambarkan prinsip dan aspirasi perusahaan seiring bertambahnya pengalaman dan pencapaian. Berikut penjelasan dari masing-masing elemen yang terdapat pada logo.

Angka 5 yang Dibuat Geometris: Logo ini mengintegrasikan angka 5 dalam bentuk geometris yang menekankan karakteristik cmlabs sebagai perusahaan SEO yang sistematis dan selalu menerapkan pendekatan terstruktur di setiap strategi, inisiatif, dan proyeksi-proyeksi yang dikembangkan.

Lingkaran di Ujung Bawah: Lingkaran yang terletak di bagian ujung angka 5 pada logo ini melambangkan perjalanan serta ambisi cmlabs untuk terus berinovasi — bermula membentuk angka 5 (lima), lingkaran di akhir hampir menyambungkan ke garis berikutnya untuk membentuk angka 6 (enam), menunjukkan bahwa cmlabs sedang dalam perjalanan memperkuat fondasi untuk menyambut enam tahun berdirinya perusahaan.

Bentuk Tumpul: Tumpulnya bentuk logo mengilustrasikan sikap tim yang saling mendukung, tidak ada persaingan yang tajam atau berpotensi merugikan sesama rekan, dan bahwa cmlabs mengutamakan kolaborasi dan kesetaraan, di mana setiap anggota tim dihargai dan diberdayakan.

Perbedaan di Ukuran Elemen Logo: Variasi dalam ukuran setiap elemen warna pada logo melambangkan dinamika tantangan yang dihadapi oleh perusahaan. Hal ini merepresentasikan bahwa dalam setiap usaha terdapat rangkaian upaya yang berbeda-beda (beberapa membutuhkan lebih banyak sumber daya dan waktu daripada yang lain), menunjukkan realitas ragam tantangan yang harus diatasi.

Kombinasi Warna: Penggunaan warna yang beragam pada desain logo menandakan banyaknya ragam ide dari setiap tim yang bersatu dan solid. Meski dibalut oleh berbagai latar belakang, keahlian, budaya, dan pengalaman, setiap individu di cmlabs bersatu di bawah satu visi yang sama. 

*Adapun warna-warna yang dipakai pada logo tersebut adalah cmblue, cmyellow, cmblack, cmpurple, cmred, cmwhite, dan cmgreen, yang telah menjadi warna merek cmlabs selama 5 tahun belakangan dan seterusnya.

cmlabs akan secara berkelanjutan menjaga, mencerminkan, serta mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung di dalam logo tersebut ke berbagai aspek kegiatan perusahaan, berfokus terhadap kolaborasi, perencanaan strategis, dan keberagaman yang harmonis.

Kesuksesan yang diraih oleh cmlabs hingga detik ini pun merupakan hasil dari penerapan ekosistem yang kuat dan suportif antar tim. “Kami juga sedang menyiapkan ekosistem cmlabs untuk masuk ke pasar global, yang hingga saat ini terdiri dari beberapa merek, seperti cmlabs, Sequence Stat, Vanguard, Traffic Farm, dan VISUWISU,” lanjut Rochman.

MENGENAL CMLABS

cmlabs adalah agency SEO di bawah naungan PT CMLABS INDONESIA DIGITAL yang berlokasi di dua kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Malang. Mengusung slogan “Supervene Search Odyssey”, cmlabs telah menyediakan produk dan layanan terkait Search Engine Optimization (optimasi mesin pencari) sejak tahun 2019 dengan tujuan utama membantu para klien mencapai peringkat teratas di hasil pencarian dan mendatangkan lebih banyak organic traffic ke situs web mereka. cmlabs pun kini siap melangkahkan kaki lebih jauh memberikan layanan dan solusi SEO yang dipersonalisasi untuk berbagai industri atau perusahaan dalam skala internasional, mulai dari jasa SEO, Jasa Penulisan Artikel SEO, Jasa Copywriting, dan Jasa Digital Media Buying.