Bagikan:

YOGYAKARTA – Daftar julukan negara-negara di ASEAN menarik untuk disimak. Jumlah negara yang tergabung dalam Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) sendiri sebanyak 11 anggota.

Perlu diketahui, saat ini ASEAN beranggotakan 11 negara. Negara yang belum lama diakui keanggotaannya di ASEAN adalah Timor Leste meskipun negara tersebut belum masuk secara resmi.

Pengakuan terhadap Timor Leste sebagai anggota ASEAN sendiri dilakukan dalam KTT yang diselenggarakan di Phnom Penh, Kamboja pada bulan November 2022 lalu.

Daftar Julukan Negara-negara di Asean

Sejarah julukan negara di ASEAN didasarkan pada banyak hal mulai dari karakteristik hingga kondisi geografisnya. Berikut ini julukan negara anggota ASEAN lengkap dengan penjelasan julukannya.

  1. Indonesia – The Emerald of the Equator

Perlu diketahui bahwa Indonesia jadi salah satu negara yang ikut menginisiasi ASEAN dan resmi bergabung pada 8 Agustus 1967.

Alasan Indonesia disebut The Emerald of the Equator atau Zamrud Khatulistiwa adalah karena negara Indonesia disebut indah seperti batu zamrud yang secara geografis sebagian wilayahnya dilalui garis khatulistiwa.

  1. Filipina – Pearl of the Orient Seas

Ada beberapa sebutan bagi Filipina sebagai negara ASEAN salah satunya adalah Pearl of the Orient Seas atau mutiara laut dari Orien atau mutiara laut dari timur. Julukan yang disematkan untuk Filipina dari orang-orang Eropa karena di abad-18 mereka menyebut negara di bumi Timur dengan nama Orien.

Filipina juga disebut dengan negara Lumbung Padi. Sebutan ini juga dimiliki oleh Indonesia karena pertaniannya yang besar.

  1. Malaysia – Land of Indigenous Malay

Sama seperti Indonesia, Malaysia juga jadi negara penggagas ASEAN. Negara ini berdekatan dengan Indonesia. Masyarakat Indonesia menyematkan sebutan Jiran untuk Malaysia yang artinya tinggal di dekat atau tetangga.

Namun dunia internasional memberikan sebutan Land of Indigenous Malay karena negara Malaysia dihuni oleh orang-orang dari berbagai etnis seperti Tionghoa, Tamil, Melayu, dan sebagainya.

  1. Singapura – The Lion City

Singapura juga ikut mendirikan ASEAN pada 1967. Negara ini dijuluki dengan The Lion City atau Negeri Singa karena namanya mengandung unsur “Singa” yang dalam bahasa Inggris berarti Lion. Julukan tersebut disematkan oleh Sang Nila Utama, pangeran kerajaan dari Palembang.

  1. Thailand – The Land of Smiles

Julukan The Land of Smiles untuk Thailand secara harfiah berarti negara penuh senyum. Hal itu didasarkan pada keramahtamahan yang selalu tersenyum dan menyambut wisatawan.

Thailand juga banyak disebut dengan Negeri Gajah Putih. Hal itu disebabkan karena negara tersebut punya simbol kerajaan berupa gajah berwarna putih. Gajah juga jadi hewan nasional di Thailand.

  1. Brunei Darussalam – Kingdom of Unexpected Treasures

Julukan Kingdom of Unexpected Treasures untuk Brunei Darussalam artinya harta karun tak terduga. Alasan julukan itu diberikan untuk Brunei adalah lantaran kekayaan yang dimiliki negeri tersebut. Bahkan, Brunei sempat menduduki negara paling kaya ke-10 versi Global Finance Magazine.

  1. Vietnam – Land of the Blue Dragon

Negara Vietnam bergabung dengan ASEAN paada 28 Juli 1995. Negara tersebut dijuluki dengan sebutan Land of the Blue Dragon karena kaitannya dengan kekuatan ekonominya di Asia. Vietnam sukses mengikuti jejak kemajuan naga Asia lain yakni Korea Selatan, Singapura, Hongkong, dan Taiwan.

  1. Laos – Landlocked Country

Julukan untuk negara Laos cukup unik yakni Landlocked Country artinya negara terkunci atau terkurung. Alasan julukan tersebut karena secara geografis Laos tak memiliki laut dan posisinya dikelilingi oleh negara lain yakni China, Myanmar, Vietnam, Kamboja, dan Thailand.

  1. Myanmar – The Land of Golden Pagodas

Julukan The Land of Golden Pagodas atau negeri pagoda emas untuk Myanmar memang sesuai dengan negara tersebut. Pasalnya negara tersebut punya banyak bangunan berupa pagoda, kuil, dan stupa yang diwarnai dengaan warna emas. Warna tersebut menambah keindahan Myanmar.

  1. Kamboja – Land of the Khmer

Julukan yang disematkan untuk Kamboja didasarkan pada nama Kamboja yang dalam bahasa Sansekerta yakni tanah kedamaian, tanah kemakmuran. Land of the Khmer sendiri diartikan dengan Tanah Kedamaian dan Kemakmuran.

  1. Timor Leste

Timor Leste diterima jadi warga ASEAN belum lama. Seperti anggota lain, Timor Leste punya sebutan Bumi Loro Sae karena negara tersebut dikenal karena keindahan pemandangan pantai dan gunungnya.

Itulah daftar julukan negara-negara di ASEAN. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.id.