Bagikan:

JAKARTA - Berada di dekat seseorang yang suasana hatinya sedang buruk bukanlah hal yang menyenangkan. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin membantu dia merasa sedikit lebih baik.

Mendukung pasangan yang suasana hatinya sedang buruk dapat dilakukan dengan berbagai cara, kata Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis dan pakar hubungan, dilansir dari Very Well Mind, Selasa, 14 Mei. 

“Ini bisa dalam bentuk memberi pelukan, memberi ruang, hingga mengobrol dengan pasangan. Ikuti keinginannya dan bersikaplah terbuka atas apa yang terbaik bagi pasangan saat ini, jadi upaya yang sedikit tidak bisa membantu,” jelas Romanoff. 

Berikut ini tips lebih lanjut yang mungkin berguna jika pasangan Anda sedang badmood. 

Dengarkan dan berempati, jika pasangan ingin curhat

Tanyakan pada pasangan apakah dia ingin membicarakan apa yang mengganggunya. Jika dia mau, Anda dapat menawarkannya telinga untuk mendengarkan dan membiarkan dia mengeluarkan pendapat jika perlu, kata Dr. Romanoff.

Beri perhatian penuh pada pasangan dan tunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang dia rasakan. Penelitian menunjukkan bahwa memvalidasi perasaan seseorang dapat membantu meredakan emosi negatif dan membuat suasana hati menjadi lebih baik. Melepaskan emosi negatif dan merasa didukung dapat membantu orang yang bad mood merasa lebih baik.

Beri ruang jika dibutuhkan

Di sisi lain, pasangan mungkin saja tidak ingin membicarakan apa yang mengganggunya dan lebih memilih untuk diam saja. Meski hal ini lebih sulit untuk diatasi, sebab Anda ingin mengetahui apa yang terjadi dan memperbaikinya sesegera mungkin, tetap saja penting untuk menghormati keinginan pasangan. Tujuannya adalah mendukung pasangan sesuai kebutuhannya. Meskipun itu berarti mengambil langkah mundur dan membiarkan dia memproses masalahnya sendiri, kata Dr. Romanoff.

Coba hibur pasangan

Selain dengan kata-kata, Anda bisa coba beri pasangan hiburan melalui sikap manis penuh perhatian. Misalnya, Anda bisa buatkan pasangan secangkir teh, menyiapkan air hangat untuk mandi, menawari pasangan pijatan punggung, atau memberi kejutan membeli makanan kesukaannya. Seringkali, hal-hal kecil seperti ini dapat memberi manfaat besar.

Alihkan perhatian pasangan

Jika suasana hatinya tampak lebih ringan, sarankan aktivitas menyenangkan yang Anda berdua sukai, seperti menonton film, bermain permainan papan, atau berjalan-jalan. Mengalihkan fokus pasangan dari hal-hal yang mengganggu dapat membantu meningkatkan semangatnya.

Tawarkan dukungan terhadap apapun yang mengganggu pasangan

Tanyakan pada pasangan apakah Anda dapat membantunya mengatasi masalah yang sedang dialami. Misal, jika dia kesal karena mesin cuci rusak di tengah-tengah aktivitas mencuci, tawarkan untuk mencuci manual bersama-sama. Atau, jika dia mengalami hari yang berat, tawarkan memasak makanan favoritnya atau bergantian mencuci piring.