Apa Itu Heatwave: Berikut Penjelasan dan Penyebabnya
Apa Itu Heatwave (GambarFreepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Beberapa waktu lalu, tengah beredar berita beberapa negara yang sedang dilanda fenomena heatwave alias gelombang panas. Ingin lebih mengenal apa itu heatwave? Yuk kita bahas!

Pasalnya, fenomena ini bahkan menimbulkan banyak korban jiwa di negara Myanmar dan India. Suhu di sejumlah negara kian meningkat secara ekstrim hingga menembus 40% celcius dan peristiwa ini berlangsung nyaris setiap hari. Waduh!

Apa Itu Heatwave

Heatwave ataupun gelombang panas ialah sesuatu periode cuaca panas ekstrem berkepanjangan berbentuk kenaikan temperatur udara melebihi rata-rata yang berlangsung tanpa jeda selama 5 hari ataupun lebih. Fenomena ini bisa berlangsung baik di darat ataupun di laut. Bila heatwave terjadi, maka kelembaban udara pula bakal alami kenaikan signifikan dalam waktu yang panjang.

Heat wave biasanya terjadi pada daerah yang terletak pada lintang menengah sampai lintang tinggi serta dapat terjadi di negeri yang terletak di bagian utara ataupun selatan bumi. Sesuatu negara bisa dikatakan alami fenomena heatwave apabila temperatur maksimum menggapai temperatur maksimum harian yang melebihi batas statistik serta rata-rata klimatologis.

Mengapa Heatwave Dapat Terjadi?

Heatwave terjadi pada saat suhu udara di sesuatu daerah naik secara signifikan di atas rata-rata temperatur normal buat waktu yang relatif lama. Ada beberapa aspek yang merangsang fenomena heatwave, antara lain:

I. Efek Rumah Kaca

Aktivitas manusia semacam pembakaran bahan bakar fosil serta limbah industri yang menciptakan bermacam tipe gas. Gas karbon dioksida, metana, serta oksida nitrogen yang dilepaskan setelah itu ditangkap oleh atmosfer sehingga bisa tingkatkan temperatur udara. Pada saat temperatur udara meningkat di seluruh dunia, mungkin terbentuknya heatwave pula meningkat.

II. Radiasi

Aspek lain semacam pemanasan dari matahari pula bisa menimbulkan heatwave. Cahaya matahari yang masuk ke bumi pasti bakal diserap oleh tanah serta air yang kesimpulannya bisa menimbulkan temperatur meningkat. Pada saat cahaya matahari dipantulkan kembali ke atmosfer, pasti temperatur udara pula bakal semakin meningkat.

III. Cuaca serta Iklim

Iklim pasti jadi salah satu aspek penting terhadap seluruh fenomena alam, salah satunya gelombang panas. Wilayah yang cenderung mempunyai iklim kering serta panas, semacam gurun ataupun daerah tropis, lebih cenderung alami gelombang panas.

Tetapi, cuaca yang tidak biasa semacam pola angin ataupun tekanan atmosfer yang ekstrim pula bisa menimbulkan gelombang panas di daerah yang sebelumnya tidak biasa mengalaminya. Tidak hanya itu, campuran panas serta kelembaban ekstrem pula pengaruhi fenomena ini.

Apa Akibat Heatwave Untuk Kehidupan?

Heatwave bisa jadi ancaman besar untuk kehidupan manusia juga lingkungan sekitar. Apalagi selain fenomena heatwave, cuaca ekstrem yang bertambah dibawah rata-rata saja bisa merangsang bencana alam semacam timbulnya badai, kekeringan, kenaikan air laut serta lain- lain.

Heatwave bakal sangat pengaruhi kesehatan manusia. Penyakit semacam dehidrasi, infeksi saluran pernapasan, heatstroke, permasalahan kulit, apalagi hingga gangguan mental dapat terjadi. Perihal yang mungkin tidak terpikirkan pula dapat berakibat sangat besar. Contohnya yakni produktivitas manusia. Suhu yang melebihi batas normal bakal pengaruhi aktivitas sehari-hari, menimbulkan penurunan konsentrasi serta bergerak dan pastinya perihal itu pengaruhi seluruh aspek kehidupan yang sebelumnya dapat dilakukan secara normal.

Tidak hanya itu, bermacam sektor serta ekosistem pula ikut terkena akibatnya. Sektor pangan bisa menurun sebab kegagalan produksi bahan pokok, sumber air jadi kering serta air bersih bisa jadi langka, ekosistem laut serta darat bisa alami kerusakan yang besar, bencana alam semacam kebakaran hutan dapat terjadi dengan gampang, apalagi rantai makanan pula dapat terkena akibatnya.

Seperti yang terjadi beberapa waktu terakhir, fenomena heatwave dapat berakibat sangat jelek kepada kematian makhluk hidup. Temperatur yang terlalu tinggi dapat membuat badan tidak bisa membiasakan diri, terkhusus bila melanda orang-orang yang lebih rentan semacam anak kecil, orang tua, ataupun orang dengan penyakit tertentu.

Tindakan pencegahan perlu dilakukan mulai dari sekarang buat melindungi bumi dari kemungkinan terbentuknya fenomena heatwave.

Selain itu baca juga: Udara Panas Melanda Indonesia, BRIN Ingatkan Dampaknya pada Pertanian.

Jadi setelah mengetahui apa itu heatwave, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

Terkait