Cara Merawat Rambut Botak yang Paling Ampuh
Cara Merawat Rambut Botak (Gambar engin akyurt - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Rambut memanglah jadi salah satu bagian penting yang sering dicermati oleh banyak orang. Tidak heran apabila wanita ataupun juga pria bakal betul-betul mencermati kesehatan dari rambutnya. Alhasil, tetap bisa terpelihara dengan baik supaya dapat menunjang penampilan. Ingin tahu bagaimana cara merawat rambut botak? Simak sampai selesai, ya!

Banyak orang yang berpikir, kalau pemilik rambut botak bisa jadi tidak benar-benar perlu menjaga rambutnya. Sementara itu asumsi tersebut salah. Malah bila kalian merupakan pria yang mempunyai kepala botak, maka lakukanlah beberapa metode berikut ini dalam proses pemeliharaannya.

Cara Merawat Rambut Botak

I. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Triknya dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, terutama buah serta sayur-mayur. Kedua tipe santapan tersebut memiliki antioksidan yang berfungsi selaku penangkal radikal bebas penyebab kerontokan rambut. Perhatikan pula kandungan makanan yang dikonsumsi, jangan diet berlebihan sebab kekurangan protein bisa menimbulkan kerontokan rambut.

Cara lainnya yaitu dengan rutin berolahraga paling tidak 20-30 menit per hari. Tidak hanya itu, hindari perilaku yang merangsang rambut rontok semacam kebiasaan menarik ataupun mencabut rambut. Pada permasalahan yang parah, kebiasaan ini jadi tanda gangguan psikologis trikotilomania.

II. Biarkan Rambut Senantiasa Natural

Termasuk wujud serta rupanya. Kerutinan mengubah warna rambut ataupun perawatan rambut lain (kecuali creambath) tingkatkan resiko kerusakan rambut sampai kebotakan. Bila kegiatan ataupun pekerjaan menuntut kalian mengubah gaya rambut, sediakan waktu buat rambut “bernapas” sesekali.

III. Pilih Sampo Sesuai Jenis Rambut

Pada sebagian orang, sampo merk “X” dapat melembapkan, tetapi sebagian lain membuat rambutnya kering serta gampang rontok. Hendaknya pilih sampo sesuai tipe rambut. Bila tidak tahu, kalian dapat mengamati perubahan pada rambut setelah memakai sampo merk tertentu. Sampo yang sesuai umumnya membuat rambut lembap serta kuat.

IV. Lakukan Perawatan Rambut Khusus

Salah satunya transplantasi rambut. Pengobatan ini dicoba dengan memotong rambut di bagian kepala yang pertumbuhannya aktif, kemudian ditanamkan di bagian kepala yang pertumbuhannya jarang. Transplantasi rambut berpotensi menimbulkan peradangan serta cedera pada kulit kepala sehingga penerapannya butuh pertimbangan matang.

V. Keramas dengan Benar

Keramas disarankan buat 1 kali saja dalam satu hari. Tetapi, ketentuan ini tidak baku sebab dapat disesuaikan dengan tekstur, ketebalan, serta tipe rambut. Kalian dapat membiasakan dengan keadaan rambut buat memastikan berapa kali wajib keramas dalam seminggu.

Perlu diketahui kalau tidak hanya frekuensi, cara keramas pula mempengaruhi kerontokan rambut. Jauhi memijat kepala terlalu keras saat keramas terlebih bila rambut kalian tipis serta rapuh. Pijat kepala dengan menekannya pelan beberapa menit, kemudian bilas sampo sampai bersih.

Tidak hanya pengobatan, kalian dapat mengkonsumsi obat buat menghindari kebotakan (semacam finasteride) serta obat buat melebatkan rambut (semacam minoxidil). Kedua tipe obat ini dikonsumsi pria. Untuk wanita yang mau menghindari kebotakan, coba mengkonsumsi spironolactone buat memicu perkembangan rambut yang baru.

Selain itu kalian juga bisa melakukan “5 Perawatan Alami” agar terhindar dari risiko.

Jadi setelah mengetahui cara merawat rambut botak, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!