Mengenal Apa itu <i>Sigma Male</i>, Pria Introvert yang Menyenangkan
Ilustrasi sigma male (foto: Pixabay/StartupStockPhotos)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Sigma male merupakan salah satu istilah yang muncul dalam psikologi populer, khususnya dalam konteks karakteristik kepribadian manusia. Lantas, apa aitu sigma male?

Perlu diketahui, dalam konteks kepribadian, laki-laki seringkali dimasukkan dalam kelompok alpha male (dikenal dominan) dan beta male (punya sifat yang menyenangkan).  Selain itu, laki-laki juga bisa berada di tengah dua karakter itu (alpha dan beta).

Laki-laki yang berada di kedua kategori kepribadian alpha male dan beta male disebut sigma male (laki-laki sigma).

Artikel berikut ini akan mengulas lebih dalam tentang apa itu sigma male beserta karakteristiknya.

Apa itu Sigma Male?

Menyadur Urban Dictionary, sigma male merupakan seorang laki-laki pragmatis, tetapi tampak seperti seorang penyendiri, paranoid, dan tertutup. Sigma male jarang menerima perintah dari orang-orang atau sistem masyarakat di lingkungan ia berada.

Karakter sigma male sangat mirip dengan alpha male, tetapi ia lebih suka berjalan mengikuti kata hati mereka.

Sementara menurut Steffo Shambo, seorang pakar hubungan di Tantric Academy, laki-laki sigma merupakan pola dasar yang mewakili kemandirian, dan prefensi untuk beraktifitas di luar hirarki sosial pada umumnya.

Steffo menambahkan, sigma male unggul dalam hal otonomi, menciptakan jalan mereka sendiri tanpa perlu tangga sosial untuk didaki.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sigma male adalah laki-laki yang memilih untuk menjalani hidupnya di luar hierarki sosial normal masyarakat. Untuk menjadi sigma male, Anda harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Apa Saja Karakteristik Sigma Male?

Menukil laman Mom Junction, Rohan Sinha menyebut sigma male memiliki karakteristik sebagai berikut:

1. Selalu menjadi diri sendiri

Karakteristik pria sigma (sigma male personality) yang pertama adalah selalu menjadi diri sendiri. Ada banyak orang yang tidak menjadi dirinya sendiri, bila berada di sekitar orang lain lain. Namun, laki-laki sigma justru sebaliknya, mereka justru lebih suka menjadi diri mereka sendiri, terlepas dari siapa yang ada di sekitarnya.

2. Fleksibel

Karakter sigma male yang kedua yakni sangat fleksibal. Bila pria alfa dan beta lebih kaku dalam hal kepribadian serta lingkungan, sigma male justru bisa lebih beradaptasi dengan sebagian besar keadaan lingkungannya.

Laki-laki sigma bisa berpera di bawah situasi sosial yang berbeda, bahkan dapat tampil baik di luar zona nyamannya.

3. Suka menyendiri atau introvert

Selajutnya, laki-laki berkepribadian sigma lebih suka menyendiri untuk merenungkan ide-ide mereka dan mengejar minat pribadi mereka. Bagi sigma male, interaksi sosial bukanlah prioritas, dan mereka lebih memilih untuk berkembang dalam kedamaian dan ketenangan.

Di lain sisi, sigma male juga bisa menjadi orang yang menyenangkan dan ramah dengan orang yang mereka sukai.

4. Pendengar yang baik

Laki-laki sigma juga bisa menjadi pendengar yang baik. Sigma male bisa memahami nilai keheningan dan rasa hormat ketika orang lain berbicara dengan mereka.

Pria sigma lebih mengedepankan isi atau inti komunikasi, sehingga mereka bisa mendengarkan dengan baik dan akan berbicara jika diperlukan.

5. Independen

Independensi merupakan mantra bagi pria berkepribadian sigma. Mereka dapat berdiri sendiri dan mengambil keputusan tanpa bergantung pada orang lain.

Dengan memegang kendali atas hidup mereka sendiri, pria sigma menemukan kepuasan dalam kebebasan dan tanggung jawab penuh terhadap diri mereka sendiri.

Demikian informasi tentang apa itu sigma male. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.