Nggak Usah Berkecil Hati, Inilah Tips Merawat Anak <i>Down Syndrome</i>
Ilustrasi anak dengan down syndrome (foto: pixabay/imslavinsky)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tips merawat anak down syndrome perlu diperhatikan, sebab anak-anak dengan down syndrome memerlukan dukungan dan perhatian khusus supaya mendapatkan kehidupan yang sehat, aktif, dan mandiri.

Dikutip dari Ai-Care, down syndrome atau sindrom down merupakan kelainan genetik yang terjadi akibat pembelahan sel abnormal menghasilkan trisomi (3 salinan) kromosom 21. Kelebihan materi genetik dari kromosom dapat menyebabkan perubahan fisik pada anak yang lahir dengan Sindrom Down.

Down syndrome adalah kondisi seumur hidup. Meski begitu, orang tua tidak perlu berkecil hati ketika sang buah hati mengidap sindrom down. Ada banyak tips merawat anak down syndrome yang bisa dilakukan orang tua agar si kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tips Merawat Anak Down Syndrome

Berikut ini adalah beberapa tips merawat anak down syndrome yang bisa dilakukan orang tua.

1. Gali informasi tentang down syndrome

Tips merawat anak down syndrome yang pertama adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang sindrom down.

Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat terhindar dari isu miring yang bisa menghilangkan rasa percaya diri dan bersedih.

Menurut Stephanie Meredith dalam buku Understanding a Down Syndrome Diagnosis, orang tua yang mau mempelajari fakta tentang down syndrome dan yakin dengan kemampuan anak mereka cenderung berhasul meningkatkan angka harapan hidup anak mereka hingga dua kali lipat.

2. Berikan terapi

Kondisi anak yang mengalami down syndrome berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Oleh sebab itu, kebutuhan tetapi setiap anak juga akan berbeda-beda.

Terapi untuk anak down syndrome biasanya akan disesuaikan dengan kondisi fisik, kecerdasan, serta kelebihan dan keterbatan yang dimiliki anak tersebut.

Semakin dini anak-anak dengan down syndrome mendapatkan terapi, maka semakin besar peluang mereka untuk tumbuh dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Menukil Ai-Care, terapi yang dapat diberikan kepada anak down syndrome antara lain:

  • Terapi fisik: terapi fisik bertujuan untuk membangun kemampuan motorik anak seperti duduk, tengkurap, berdiri, dan berjalan cepat.
  • Terapi bicara: Dengan menjalani terapi bicara, anak sindrom down dapat belajar bagaimana berkomunikasi dengan jelas. Sebagai alternatif, anak-anak juga dapat dilatih berkomunikasi dengan bahasa isyarat.
  • Terapi okupasi: Terapi okupasi bertujuan untuk mengembangkan kemampuan anak agar anak sindrom down dapat tumbuh dan berkembang secara mandiri. Terapi yang diberikan sangat bervariasi, mulai dari mengenakan pakaian sendiri, makan, menulis, dan menggunakan benda-benda di sekitar.
  • Terapi perilaku dan emosional: Terapi perilaku dan emosional dibutuhkan agar anak dapat mengendalikan emosinya, terutama ketika mereka mengalami masa puber dimana anak cenderung bersikap agresif. Pada terapi ini anak-anak juga akan belajar bagaimana mengenali emosinya dan belajar bagaimana melampiaskan emosi dengan cara yang sehat.

3. Gabung komunitas

Tips merawat anak down syndrome yang terakhir adalah bergabung dalam komunitas orang tua dengan anak sindrom down.

Lewat komunitas, orang tua bisa mendapatkan informasi tentang sindrom down serta mendapatkan dukungan dan tempat berbagi cerita tentang perkembangan si buah hati dan anak-anak lain yang mengidap down syndrome.

Demikian informasi tentang tips merawat anak down syndrome. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.