Bagikan:

YOGYAKARTA - Feminine energy merupakan sifat kebalikan dari karakter maskulin yang biasa disandang oleh pria. Banyak wanita yang membentuk feminine energy untuk menjadi dirinya sendiri. Konsep ini berkaitan dengan sifat yang dianggap kualitas seorang perempuan. 

Energi feminin diartikan sebagai sifat-sifat penuh kasih sayang, sabar, berempati, dan pandai mengendalikan emosi dengan baik. Meski terkesan lebih lembut, bukan berarti feminine energy menunjukkan kelemahan. Feminine energi dinilai mempunyai energi positif dan memancarkan aura yang mengesankan. 

Sebenarnya feminine energi bukanlah sesuatu yang secara eksklusif berkaitan dengan jenis kelamin, Namun dalam pandangan umum atau budaya tertentu, feminin lebih dikenali sebagai sifat-sifat yang berupa kelembutan atau keindahan. Lantas apa itu feminim energi dan bagaimana cara menerapkannya?

Apa Itu Feminine Energy?

Istilah feminine energy merujuk pada sekumpulan sifat yang dinilai dianggap sebagai kebalikan dari karakter energi maskulin. Dalam hal ini, sisi maskulin muncul ketika individu bekerja menuju tujuan, menyelesaikan tanggung jawab, dan memproyeksikan masa depan. 

Sementara sisi feminim terbentuk ketika individu bergerak mengikuti aliran kehidupan, merangkul energi kreatif, dan menyelaraskan diri secara internal. Dilansir dari laman happierhuman, energi feminin diartikan sebagai karakter penuh kasih sayang, baik hati, dan berkaitan dengan intuisi serta kreativitas. 

Cara Menjadi Feminin Energy

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memunculkan energi feminin dalam diri. Bagi Anda yang ingin mendapatkan energi ini, berikut ini berapa cara menjadi feminin energy yang bisa dipraktikkan:

Merenung dan Refleksi Diri

Kebanyakan orang terlalu sibuk dengan rutinitas sehari-hari, sehingga jarang menyisihkan waktu untuk introspeksi diri. Interaksi yang intens dengan orang lain sering kali membuat seseorang kehilangan koneksi dengan dirinya sendiri.

Oleh karena itu, disarankan untuk mulai merenung dan menemukan identitas sejati. Salah satu pendekatan terbaik untuk hal ini adalah memulai terapi untuk refelksi diri. Seorang terapis dapat membimbing individu untuk mengeksplorasi pikiran dan perasaan mereka. Selain itu, teknik seperti jurnalisme juga bisa digunakan untuk menggali lebih dalam tentang diri sendiri.

Kembali Bersentuhan dengan Alam

Tempat-tempat seringkali dikategorikan sebagai maskulin atau feminin, tergantung pada karakteristiknya. Energi feminin misalnya, diyakini berasal dari alam, seperti hutan, taman, dan lautan yang kaya akan energi alami. Mengunjungi tempat-tempat tersebut ketika merasa stres atau penat dapat membantu memberikan penyegaran.

Melatih Emosi

Jika sisi maskulinitas sering dikaitkan dengan logika, energi feminin lebih diidentikan dengan ekspresi emosi. Banyak dari kita mungkin memiliki kecenderungan emosional, tetapi jarang diajarkan bagaimana memahami dan mengelola perasaan kita. Jika merasa kebingungan tentang proses emosional, Anda bisa belajar menjadi lebih sensitif terhadap diri sendiri.

Proses ini bisa dilakukan dengan mendengarkan dan memahami perasaan sendiri, serta meningkatkan kecerdasan emosional. Dengan semakin mengenal diri, Anda akan mulai merasa lebih utuh. Memperoleh atau memperkuat energi feminin melibatkan perubahan dalam cara berpikir, merasakan, dan bertindak.

Menerima dan Memberikan Kasih Sayang

Berlatih menerima dan memberikan kasih sayang, baik dari diri sendiri maupun orang lain, bisa memunculkan feminine energy. Tindakan ini melibatkan kelembutan dan perhatian terhadap kebutuhan emosional.

Anda dapat memulai dengan berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman untuk memberikan dukungan atau berbagi pengalaman hidup Misalnya melalui media sosial dengan menginspirasi mengenai energi feminin yang dapat diaplikasikan secara konsisten.

Mengasah Kreativitas

Kegiatan kreatif seperti seni, menulis, atau bermain musik dapat membantu merangsang energi feminin. Berani mengekspresikan diri dalam karya seni adalah salah satu ciri khas feminin yang mengandung kekuatan kreatif.

Femininitas tidak hanya terkait dengan kemampuan reproduksi, tetapi juga dengan berbagai ekspresi kreatif seperti seni menulis, menari, melukis, dan lainnya. Sisihkan waktu untuk bersantai dan menikmati kesenangan hidup. Aktivitas yang membawa kebahagiaan dan ketenangan dapat membantu memunculkan feminin.

Memaksa Diri Bertransformasi

Meskipun beberapa orang mengasosiasikan feminin dengan ketenangan dan kesegaran, namun sebenarnya energi feminin adalah kekuatan transformasi. Munculnya energi ini bisa mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik setiap hari. 

Demikianlah beberapa cara menjadi feminine energy yang perlu Anda pahami. Menciptakan atau memunculkan energi feminin memberikan banyak manfaat baik bagi diri seseorang, khususnya dalam self improvement atau pengembangan diri. Baca juga rekomendasi pakaian warna manis untuk wanita berkulit sawo matang. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.