Bagikan:

YOGYAKARTA – Sebagian orang mungkin mengira contour dan bronzer adalah dua produk make up yang sama, padahal sebenarnya tidak. Kendati keduanya bisa membuat wajah terlihat tirus, contour memiliki fungsi yang berbeda dengan bronzer. Artikel berikut ini akan membahas secara lebih dalam tentang perbedaan contour dan bronzer pada make up.

Perbedaan Contour dan Bronzer

Perbedaan contour dan bronzer sebenarnya sangat mencolok. Contour digunakan untuk mempertegas dan membentuk wajah. Sementara bronzer dapat menambah kehangatan dan meniru di mana matahari secara alami akan menerpa wajah.

Perbedaan contour dan bronzer yang berikutnya juga dapat dilihat dari hasil akhirnya. Contour cenderung hanya memiliki hasil akhir matte. Sementara bronzer memiliki hasil akhir yang matte dan bercahaya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Minggu, 21 April 2024, secara lebih rinci, berikut perbedaan contour dan bronzer dari segi fungsi, tone, area pengaplikasian, hingga hasil akhirnya.

1. Fungsi

Fungsi utama contour adalah untuk menciptakan ilusi optik untuk memanipulasi bentuk wajah. Warna gelap pada contour bisa memberikan ilusi wajah lebih tirus, hidung lebih mancung, dan dahi terlihat lebih sempit.

Sementara bronzer digunakan untuk menambahkan kesan hangat pada wajah. Selain itu, bronzer juga bisa dimanfaatkan untuk tone down warna foundation atau bedak yang keputihan.

2. tone

Meski tampak serupa, sebenarnya tone antara contour dan bronzer sangat berbeda.

Contour memiliki tone yang lebih cool, sementara bronzer lebih warm. Skin tone dapat memengaruhi seberapa cool atau warm ketika contour dan bronzer digunakan.

Sebagai contoh, bila Anda mempunyai tone kulit yang cool, maka Anda mungkin membutuhkan bronzer yang sedikit warm. Namun, jika rona kulit warm, maka Anda membutuhkan contour yang sedikit cool.

3. area pengaplikasian

Contour diaplikasikan pada area-area yang membutuhkan seperti di bawah cekungan tulang pipi, kedua sisi hidung, atau di dahi di bagian atas atau disamping. Untuk bronzer, pengaplikasiannya dilakukan secara tipis pada pipi, dahi dan dagu.

4. Warna

Umumnya, warna contour akan lebih gelap ketimbang warna kulit asli. Hal ini untuk menciptakan dimensi yang lebih dalam. Sementara bronzer biasanya memiliki warna yang lebih warm atau hangat.

5. Cara penggunaan

Contour dan bronzer bida digunakan secara terpisah ataupun dalam metode berlapis.

Bila ingin digunakan berlapis, pastikan untuk memakai contour terlebih dahulu sebelum bronzer.

6. Alat yang digunakan

Countour menggunakan brush yang tidak terlalu besar karena diaplikasikan di bagian tertentu saja. Misalnya, untuk contouring di bagian hidung, Anda bisa menggunakan brush berukuran kecil seperti shading brush.

Pada bronzer, brush make up yang digunakan berukuran lebih besar seperti kabuki brush atau powder. Hal ini karena bronzer diaplikasikan ke sebagian besar wajah.

7. wnHasil akhir

Powder contour bisa memberikan hasil akhir yang lebih matte. Sementara bronzer memiliki sedikit kilau di dalamnya untuk memberikan pantulan kilau alami di wajah.

Demikian informasi tentang perbedaan contour dan bronzer. semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.