Bagikan:

YOGYAKARTA - Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dibuka di sejumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurusan ini bisa menjadi pilihan studi bagi siswa-siswi yang tertarik di bidang permesinan atau sistem kendaraan. Setiap masa pendaftaran siswa baru, jurusan ini selalu mendapat animo cukup tinggi. 

Prospek karier jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) semakin terbuka lebar seiring dengan perkembangan teknologi dan alat transportasi. Mengingat kebutuhan teknisi TKR yang tinggi, para lulusan jurusan ini biasanya mudah mendapatkan pekerjaan. 

TKR merupakan jurusan yang termasuk salah satu konsentrasi dalam bidang otomotif, khususnya terkait kendaraan ringan. Jurusan ini memang dihadirkan untuk menghasilkan tenaga ahli yang berkompeten dalam mengembangkan ilmu teknologi kendaraan, seperti mobil dan motor.

Jurusan ini menjadi pilihan tepat bagi Anda yang berminat di bidang otomotif. Sebelum mendaftar, sebaiknya pahami dulu apa itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan ilmu yang dipelajari?

Apa Itu Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Jurusan Teknik Kendaraan ringan adalah konsentrasi studi yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan komponen mesin. Siswa yang menempuh pendidikan di jurusan ini akan belajar cara perawatan dan perbaikan komponen-komponen kendaraan sesuai standar dari industri. 

Jurusan ini dibuka untuk membekali siswa agar memilih keahlian di bidang teknik otomotif, khususnya pada keterampilan perbaikan kendaraan ringan. Lulusan TKR diharapkan  bisa menjadi ahli di bidang otomotif untuk penanganan kendaraan seperti mobil dan motor. 

Setelah menguasai keterampilan perawatan dan perbaikan komponen kendaran, para lulusan TKR bisa bekerja di sejumlah industri yang berkaitan dengan bidang permesinan kendaraan. Peluang kerja jurusan TKR, di antaranya menjadi mekanik mobil dan jenis kendaraan lain, operator alat berat, modifikator, hingga membuka usaha otomotif sendiri. 

Materi Pelajaran di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan

Mungkin masih banyak siswa yang belum mengetahui apa saja materi yang dipelajari di jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Supaya lebih yakin untuk memilih jurusan ini, berikut ini beberapa mata pelajaran yang dipelajari di jurusan TKR:

Dasar-Dasar Kejuruan Otomotif

Dasar-dasar Kejuruan Otomotif adalah langkah awal bagi siswa dalam memahami Teknik Kendaraan Ringan. Materi ini mencakup pembelajaran tentang mesin dua tak dan empat tak, prinsip dasar elektronika, teknik dasar pengelasan dan pematrian, serta aspek Kesehatan, Keselamatan Kerja (K3), dan lingkungan

Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan ringan

Siswa akan diajarkan tentang pemeliharaan sistem listrik, termasuk sistem penerangan dan tanda, sistem keamanan kendaraan, sistem pengapian (baik konvensional maupun elektronik), sistem starter, sistem pengisian, sistem pendinginan udara (AC), sistem kunci pintu sentral dan alarm, serta sistem audio.

Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan

Materi ini mencakup pemeliharaan komponen mesin seperti kepala silinder, blok silinder, piston, sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem bahan bakar konvensional dan injeksi, manajemen mesin, sistem bahan bakar diesel konvensional, dan teknologi common rail.

Pemeliharan Sasis dan Pemindahan Tenaga

Di bagian akhir, materi ini juga akan mencakup pembelajaran tentang pemeliharaan kopling, transmisi manual dan otomatis, poros penggerak roda, serta perawatan roda dan ban (termasuk proses spooring dan balancing). Selain itu, mata pelajaran ini juga akan membahas sistem rem manual, Anti-lock Braking System (ABS), serta sistem kemudi ( manual maupun power steering).

Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Selama kursus Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif PDTM, siswa akan diperkenalkan dengan teori dasar mesin. Pembelajaran ini kemudian bisa diterapkan dalam praktik penggunaan mesin. Materi PDTM mencakup pengenalan tentang mekanik teknis, komponen-komponen mesin, dan topik terkait lainnya.

Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Dalam pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan, siswa akan diajarkan tentang konsep-konsep wirausaha dan proses pembuatan produk kreatif yang relevan dengan industri otomotif. Produk kreatif tersebut meliputi sistem keamanan mobil yang canggih, perangkat pembuka ban motor, pengisi daya aki otomatis, dan berbagai inovasi lainnya. 

Pembelajaran tentang kewirausahaan juga akan memberikan bekal bagi siswa untuk mengembangkan usaha sendiri, misalnya dengan membuka bengkel atau usaha terkait otomotif lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu jurusan Teknik Kendaraan Ringan yang terdapat di sejumlah sekolah kejuruan. Jurusan ini bisa menjadi pilihan yang ideal bagi siswa yang tertarik mempelajari dan menguasai keterampilan otomotif. Baca juga mengenal Teknik Ketenagalistrikan di Sekolah Menengah Kejuruan. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.