Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu kepercayaan masyarakat Indonesia yang masih dipercaya adalah mandi air garam untuk mengusir jin. Aktivitas tersebut masih banyak dilakukan sebagai jalan keluar gangguan tak kasat mata yang dialami.

Selain mandi, disaratkan pula untuk menaburkan garam di sekitar rumah atau titik-titik yang dipercaya jadi sarang atau rumbah jin, siluman, dan sebangsanya sehingga mereka pergi. Lalu apakah itu benar terjadi?

Cara Mandi Air Garam Untuk Mengusir Jin

Ritual mandi garam untuk tangkal jin pernah dikatakan oleh almarhum Syekh Ali Jaber di sebuah kanal Youtube Muslim – Saluran Dakwah. Saat menjadi bintang tamu, Syekh Ali Jaber membagikan cara obat menangkat jin.

"Saya berikan dan ini obat Insya Allah bermanfaat untuk semua. Enggak usah panggil habib, syekh, ustaz, enggak usah panggil siapa-siapa, Anda sendiri laksanakan," kata Syekh Ali Jaber.

Cara mandi air garam untuk usir jin menurut Syekh Ali Jaber adalah dengan mencampurkan garam ke air. Setelah itu air tersebut dibacakan dengan beberapa ayat yakni sebagai berikut.

  • Baca Al-Fatihah 7x
  • Luma ayat pertama Al Baqarah 1x
  • Ayat Kursi 7x
  • Tiga ayat terakhir surat Al Baqarah 284-286
  • Al Ikhlas 3x
  • Al Falaq 3x
  • An Nas 3x

"Nanti bacakan air garam itu, Al Fatihah 7 kali, lima ayat pertama surat Al Baqarah, ayat kursi 7 kali. Tiga ayat terakhir surat Al Baqarah 284-286, kemudian Al Ikhlas tiga kali, kemudian Al Falaq 3 kali, dan An Nas tiga kali," demikian anjuran almarhum Syekh Ali Jaber.

Setelah selesai, minum sedikit air garam tersebut dan sisanya digunakan untuk dibasuhkan ke sekujur tubuh saat mandi.

Cara Usir Setan dengan Garam

Kepercayaan garam mampu usir setan atau jin sebenarnya bisa ditarik ke ranah sains. Garam memiliki muatan energi elektromagnetik yang mampu menghasilkan gelombang listrik. Gelombang tersebut yang bisa mengusir muatan negatif.

Meskipun tidak benar-benar mampu mengusir muatan negatif yang ada pada jin, garam dipercaya mampu mengurangi intensitas ganggguan gaib.

Menurut kepercayaan garam yang digunakan untuk mengusir jin adalah garam kasar, yakni garam yang butiran kristalnya lebih besar dan kasar dibanding garam dapur yang teksturnya halus seperti pasir. Meski secara tekstur berbeda, namun garam kasar dan garam dapur adalah sama. Cara menggunakan garam kasar untuk usir jin adalah sebagai berikut.

  1. Sebar Garam di Titik Gangguan

Selain digunakan untuk mandi, sebarkan garam di area yang dinilai jadi sumber datangnya gangguan jin seperti sudut rumah, gudang, atau tempat lain.

  1. Pel Rumah dengan Air Garam

Penggunaan air garam untuk meredakan gangguan negatif jin juga dipakai oleh praktisi Feng Shui. Cara menggunakannya adalah dengan mengepel lantai rumah dengan air garam sesering mungkin.

  1. Sebar Garam di Sekeliling Rumah

Cara ini dimaksudkan sebagai proteksi tambahan atau semacam pagar untuk menghalangi jin atau makhluk tak kasat mata masuk ke area rumah.

Selain terkait mandi air garam untuk mengusir jin, kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.