Tips Memulai Gaya Hidup Sustainable Living ala Lala Karmela, Pakai Tumbler hingga Pilah Sampah
Lala Karmela (Virgilery/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Artis sekaligus penyanyi, Lala Karmela mengaku sudah setengah tahun ke belakang mulai mempraktekkan sustainable living alias gaya hidup orang yang melestarikan lingkungan dan mengurangi dampak negatifnya.

Lala memiliki cara sendiri untuk memulai gaya hidup seperti ini. Ia mengaku hal ini harus dimulai dengan hal-hal kecil yang ada di sekitar kita seperti mengurangi emisi karbon pada penggunaan AC atau kendaraan pribadi.

"Simple things sih kak kayak dari hal-hal nggak terlalu berlebihan sam hal hal di sekitar kita, infus water or dalam memakai misalnya AC di rumah kalau bisa nggak terlalu emisi karbon kita itu lebih baik, sekarang transportasi umum juga jauh lebih baik, mengurangi emisi karbon kita bisa juga commute ke mana-mana," ujar Lala Karmela di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin, 5 Februari.

Selanjutnya adalah mengurangi sampah plastik dengan menggunakan tumbler atau botol minum yang bisa digunakan berkali-kali.

"Dan as simple as mengurangi plastik dengan kita membiasakan diri membawa tumbler, punya tumbler juga nggak harus banyak-banyak, tumbler last for long time, having one is enough, mulai dari hal hal kecil gitu juga nggak apa-apa," lanjut Lala.

Pelantun lagu Satu Jam Saja ini melanjutkan dengan memberikan pesan kepada para wanita untuk tidak mudah tergoda dengan produk kosmetik yang baru keluar sehingga menjadi konsumtif dan menumpuk berbagai jenis make up.

"Terus untuk cewek-cewek jangan terlalu langsung heboh kalau ada make up line atau skincare keluar habisin dulu punya kalian baru mungkin beli lagi karena again itu yang bikin sampah menumpuk," paparnya.

Terakhir Lala sudah mulai memilah-milah sampah yang akhirnya membuat ia tersadar kalau efek jalani gaya hidup sustainable living bikin ia tak produksi banyak sampah.

"Mungkin nggak aku hitung tapi dengan benar-benar aku menjalani hidup ini aku bisa lihat sampah aku semakin sedikit sih. Mulai aku pilah itu paling penting mulai aku pilah," pungkasnya.