Konflik Kekerasan Seksual Tergambar dalam Trailer Film <i>Women from Rote Island</i>
Women from Rote Island (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Sekian lama diperbincangkan, film Women from Rote Island akhirnya akan segera tayang di tanah air. Rumah produksi Bintang Cahaya Sinema merilis trailer perdananya pada hari ini, Kamis, 1 Februari.

Berdurasi hampir dua menit, trailer ini menampilkan karakter utamanya, Martha yang mengalami sejumlah konflik ketika kembali ke Rote. Orang tuanya yang awalnya tidak mencurigai perlahan mulai mempertanyakan apa yang terjadi dengan anaknya.

Women from Rote Island mengisahkan Martha, seorang TKI yang pulang ke Rote untuk pemakaman ayahnya. Di balik duka yang mendalam, ia juga menghadapi kekerasan seksual yang pernah ia alami dan meninggalkan trauma.

Sang ibu, Orpa juga menghadapi diskriminasi dan realita di masyarakat atas ketidaksetaraan masyarakat. Film ini akan menyajikan kisah yang menggugah sekaligus sinematik yang apik.

“Semoga trailer ini bisa menjadi awal mula menggerakkan banyak hati penonton, nantinya banyak yang akan menonton ke bioskop,” kata Jeremias Nyangoen selaku sutradara.

“Jika semakin banyak yang menonton semakin banyak orang yang bisa aware dengan isu-isu yang kami angkat lewat Women from Rote Island,” katanya.

Film ini tayang pertama kali lewat Festival Film Busan pada Oktober 2023. Film ini juga memenangkan Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2023.

Van Jhoov, Linda Adoe, Irma Rihi, dan Sallum Ratu yang merupakan talenta dari Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadikan film ini sebagai debut akting mereka.

Film Women from Rote Island akan tayang di bioskop Indonesia mulai 22 Februari 2024.