Buah Terburuk untuk Gigi Pemicu Perubahan Warna dan Pembusukan
Ilustrasi buah. (Wikimedia Commons-Daderot)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Buah terburuk untuk gigi didasarkan pada dampak yang ditimbulkan. Hal itu bisa terjadi karena ada beberapa buah yang mengandung pigmen dan asam yang berpotensi menimbulkan noda dan dampak lain khususnya untuk kesehatan gigi dan mulut.

Artikel ini akan membahas beberapa buah yang dapat memicu efek buruk baik pada gigi seperti perubahan warna hingga memicu lubang.

Buah Terburuk Untuk Gigi

Seperti yang diketahui, buah mengandung gula dan asam alami. Di beberapa buah jumlah kandungan kedua zat cukup tinggi. Kedua zat ini bisa berdampak buruk untuk kesehatan gigi, misalnya, memicu keausan pada enamel atau lapisan terluar gigi yang keras.

Saat enamel terkikis atau aus karena zat yang terkandung pada buah, akan membuat penumpukan bakteri hingga berujung pada pembusukan gigi.

Berikut ini beberapa buah yang buruk untuk kesehatan gigi sehingga harus diperhatikan cara konsumsinya.

  1. Buah Beri

Di website Eat This dikatakan bahwa warna beri yang gelap dapat tertinggal di gigi sehingga memicu noda terlebih jika sering dikonsumsi. Solusi agar setelah makan beri tak menimbulkan noda adalah dengan rajin gosok gigi dan membersihkan gigi dengan dental floss.

  1. Buah Jeruk

Buah jeruk mengandung asam yang tinggi sehingga mampu mengikis enamel. Zat itu yang mampu memperburuk kesehatan gigi, baik saat dikonsumsi secara langsung maupun diolah seperti jus. Agar asam tak mengikis lapisan gigi usahakan untuk berkumur setelah mengonsumsi jeruk.

  1. Buah Anggur

Anggur sebenarnya sangat baik untuk kesehatan tubuh, baik dikonsumsi secara langsung maupun dalam bentuk olahan lain seperti minuman. Sayangnya efek anggur untuk gigi mirip dengan buah beri yakni memicu noda hingga gigi kuning.

Untuk meminimalisir dampak buruk anggur untuk kesehatan gigi usahakan untuk sikat gigi dengan pasta gigi yang sesuai. Selain itu lakukan perawatan ke dokter gigi enam bulan satu kali.

  1. Buah Ceri

Ceri tidak hanya menyebabkan gigi bernoda karena pigmen pada buah, namun juga mengandung gula yang jika tak dibersihkan akan menimbulkan penumpukan bakteri di mulut. Hindari mengonsumsi buah ceri sebelum tidur agar tidak mengganggu kesehatan gigi.

  1. Buah Olahan Kering

Olahan buah kini semakin beragam. Salah satu olahan buah yang akan memengaruhi kesehatan gigi adalah buah kering. Olahan buah ini biasanya punya tekstur lengket dengan gula tinggi. Setelah mengonsumsi buah kering biasanya akan menempel di gigi.

Untuk mengurangi risiko tersebut, hindari mengonsumsi buah kering terlalu banyak. Anda juga diharuskan gosok gigi dua kali per hari untuk membersihkan makanan yang tertinggal di gigi.

Disarankan pula untuk menghindari kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan gigi dan mulut.

Itulah informasi terkait buah terburuk untuk gigi. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.