Apa itu Alter Ego? Karakter Lain yang Sengaja Diciptakan
Ilustrasi (Foto: Pixabay/Leandro De Carvalho)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Alter ego merupakan salah satu istilah dalam ilmu psikologi. Bagi Anda yang masih asing dengan apa itu alter ego, istilah ini dipakai untuk menjelaskan kepribadian lain yang dimunculkan oleh seseorang, tapi bertolak belakang dengan kehidupan nyata.

Kata alter ego berasal dari bahasa Latin dan juga bahasa Yunani, yakni állos egṓ. Secara harfiah, kata tersebut dapat diartikan sebagai “diri kedua” atau “teman terpercaya”.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari simak ulasan berikut ini.

Apa itu Alter Ego?

Dalam psikologi, alter ego adalah karakter atau kepribadian yang secara sadar dibentuk oleh seseorang untuk memudahkannya dalam menjalani situasi tertentu.

Alter ego termasuk bagian dari gangguan identitas disosiatif, dikenal juga dengan gangguan kepribadian ganda.

Orang yang memiliki alter ego memiliki dua atau lebih kepribaadian yang memiliki perbedaan signifikan.

Kepribadian lain yang ditampilkan seringkali merupakan gambaran ideal tentang diri mereka yang tidak bisa diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

Individu dengan alter ego lantas menghidupkan karakter ciptaan yang lebih ideal ke dunia nyata lantaran terus mengidam-idamkannya. Tidak sedikit individu menggunakan alter ego ciptaannya untuk menghadapi beragam tantangan.

Bagaimana Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Alter Ego?

Ciri utama seorang individu yang memiliki alter ego adalah perubahan antara dua pribadi yang terpisah. Selain itu, terdapat ciri lain yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mengidentifikasi, seperti:

  • Mempunyai dua atau lebih kepribadian yang terpisah dengan identitas diri dan persepsi sendiri.
  • Perubahan yang berbaanding terbalik dalam perasaan diri sendiri.
  • Kesenjangan yang sering terjadi dalam ingatan, termaasuk lupa akan kejadian sehari-hari.

Ketika kepribadian lainnya mengambil alih, seorang individu dengan alter ego bisa jadi sangat berbeda dari biasanya. Bahkan, kepribadian lainnya bisa melakukan kebiasaan yang tidak pernah dilakukann sebelumnya, seperti merokok atau melontarkan kata-kata kasar.

Apakah Alter Ego Berbahaya?

Sedianya, setiap orang memiliki potensi unntuk mengembangkan kepribadian lain dalam dirinya.

Selama kepribadian lain tersebut bisa dikendalikan dan tidak mengambil alih kepribadian utama, bisa dikatakan bahwa alter ego tidak berbahaya. Bahkan, alter ego bisa memberikan dampak psikologis, seperti membuat seseorang menjadi lebih tenang dan tampil percaya diri.

Misalnya, ketika seseorang yang pemalu mempunyai karakter lain yang lebih tegas dan mudah bergaul, mereka akan merasakan manfaat berupa keberanian tampil di depan umum.

Akan tetapi bila alter ego membuat Anda merasa tidak nyaman, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan psikolog.

Pasalnya, hasrat untuk membentuk karakter lain dalam diri sendiri mungkin menandakan bahwa ada situasi tertentu yang membuaat Anda tidak ingin meghindar.

Nah, alasan mengindar inilah yang perlu digali lebih dalam bersama psikolog. Melakukan terapi bicara bersama tenaga mental profesional mungkin bisa membaantu Anda mengadapi situasi sulit dengan lebih baik.

Bagaimana Cara Menciptakan Alter Ego?

Telah disinggung di atas bahwa alter ego adalah identitas kedua yang dibentuk secara sadar oleh  seseorang. Artinya semua orang bisa menciptakan alter ego untuk dirinya sendiri, asalkan tidak melupakan kenyataan.

Sebelum menciptakannya, Anda perlu menentukan tujuan dalam membuat alter ego. Beberapa orang menciptakan kepribadian lain untuk bersenang-senang atau untuk menghadapi berbagai situasi sulit.

Adapun langkah-langkah menciptakan alter ego, antara lain:

  • Menentukan kepribadian atau karakter yang ingin dibentuk.
  • Ciptakan tampilan untuk bagian lain dari diri Anda.
  • Beri nama alter ego seperti yang diinginkan.
  • Ambil identitas baru dan sesuaikan dengan konteks yang ingin ditonjolkan.

Yang perlu diperhatikan, Anda perlu menjaga kepribadian yang sesungguhnya, sehingga ada batas antara realitas dan alter ego yang dibuat.

Demikian informasi tentang apa itu alter ego. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan para pembaca setia VOI.ID.