Bagikan:

YOGYAKARTA – Prospek kerja jurusan filsafat saat ini masih terbuka lebar mengingat jurusan tersebut masih jarang di Indonesia. Tidak hanya di sektor pemerintahan, lulusan jurusan filsafat juga dibutuhkan di sektor swasta.

Artikel ini akan membahas informasi yang berkaitan dengan jurusan filsafat terutama yang berkaitan dengan prospek kerjanya di era modern seperti sekarang.

Prospek Kerja Jurusan Filsafat

Jurusan filsafat adalah jurusan yang dipelajari di tingkat universitas. Di tingkat ini mahasiswa akan dilatih untuk belajar bagaimana cara berpikir kritis serta mempertanyakan keadaan yang tengah berjalan. Filsafat sendiri adalah keilmuan yang menjadi induk berbagai ilmu pengetahuan yang saat ini ada misalnya ilmu sosiologi, hukum, bahkan fisika.

Mahasiswa jurusan filsafat tidak hanya mempelajari teori namun keterampilan spesial yang tidak didapatkan oleh mahasiswa dari jurusan lain. Misalnya, pelajar jurusan filsafat belajar memahami moralitas, tujuan hidup manusia, hingga hal lain yang berkaitan dengan peradaban.

Di jurusan filsafat, mahasiswa tidak hanya dilatih untuk berpikir kritis, namun dibekali cara mengurai dan menyelesaikan masalah. Skill yang diajarkan selama bejalar filsafat juga sangat beragam mulai dari menulis, memahami teks, memahami kondisi, analisis, hingga komunikasi.

Skill yang didapatkan oleh lulusan filsafat sebenarnya sangat dibutuhkan di sektor industri, baik pemerintahan maupun swasta. Sayangnya tidak banyak orang yang tahu prospek kerja jurusan filsafat.

Dikutip dari situs resmi UGM, lulusan jurusan filsafat bisa berkarier di beberapa sektor yakni dunia pendidikan, PNS , kewartawanan, LSM, bahkan di bidang perbankan.

Selain itu lulusan jurusan filsafat berpeluang melakoni berbagai profesi lain yakni sebagai berikut.

  1. Akademisi

Salah satu prospek kerja jurusan filsafat yang banyak dibuka adalah di bidang akademik. Lulusan filsafat bisa bekerja menjadi dosen. Kebutuhan akademisi filsafat sendiri tidak hanya di universitas negeri namun juga swasta.

  1. Peneliti

Banyak pula alumni jurusan filsafat yang melakoni profesi sebagai peneliti, khususnya di bidang seni dan budaya. Di kedua bisang tersebut, peneliti yang punya latar belakang filsafat mampu dengan mudah mengurai akar masalah yang akan diteliti serta mencari solusi atas masalah yang terjadi.

  1. Jurnalis

Peran jurnalis saat ini cukup penting. Tidak hanya menyampaikan informasi dengan cara menghimpun berita, jurnalis juga berperan melakukan serangkaian kegiatan analisis. Misalnya, jurnalis dengan latar belakang filsafat dapat memandang peristiwa penggusuran sebagai fenomena yang berhubungan dengan ekonomi hingga budaya.

  1. Seniman

Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh para pelajar filsafat biasanya mampu menghasilkan karya seni besar. Bahkan banyak karya seni yang diciptakan dengan berlandaskan teori filsafat.

  1. Konsultan Pemasaran

Konsultan pemasaran ternyata membutuhkan ilmu filsafat. Pasalnya perluasan pemasaran produk bisa dilakukan dengan menganalisis kebiasaan masyarakat. Sedangkan kebiasaan calon konsumen berakar pada budaya, kondisi ekonomi, bahkan berkaitan pula dengan geografis.

  1. Penulis

Lulusan filsafat bisa bekerja menjadi seorang penulis. Salah satu keuntungan penulis yang punya bekal filsafat adalah mampu menulis multi-tema mulai dari psikologi, budaya, seni, bahkan politik.

  1. Negosiator

Negosiator dengan latar belakang ilmu filsafat lebih diunggulkan. Tidak hanya kemampuan komunikasinya saja, namun kemampuannya dalam membaca keadaan dan permasalahan saat bekerja.

Itulah informasi terkait prospek kerja jurusan filsafat. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.