Pertolongan Pertama Sakit Telinga Pada Anak yang Terkena Infeksi atau Karena Flu
Ilustrasi sakit telinga pada anak (Freepik-Drazen zigic)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Saat anak mengeluhkan gangguan kesehatan berupa sakit di pendengaran, disarankan untuk orang melakukan pertolongan pertama sakit telinga pada anak. Hal itu dilakukan untuk menghindari rasa tidak nyaman di telinga anak atau dampak serius lainnya.

Perlu diketahui bahwa sakit telinga yang dialami oleh anak bisa dipicu oleh berbagai hal, misalnya karena gigitan serangga atau anak menderita infeksi saluran pernafasan atas seperti flu.

Pertolongan Pertama Sakit Telinga Pada Anak

Orang tua tak perlu khawatir saat anak mengeluhkan rasa sakit di telinga karena anak usia di bawah 5 tahun memang berisiko mengalami infeksi telinga. Saat itu terjadi, lakukan pertolongan pertama sesegera mungkin.

  1. Minta Anak Melakukan Gerakan Menelan

Gerakan menelan mampu mengatasi penyumbatan di saluran eustachius. Kondisi tersebut memicu iritasi ringan sehingga bisa diatasi secara mandiri. Namun, jika kondisi tersebut terjadi pada anak-anak usia 12 bulan, gerakan menelan mungkin cukup sulit dilakukan. Orang tua bisa memberikan air minum dari gelas atau botol agar gerakan menelan dilakukan secara alamiah.

  1. Tidurkan Anak Posisi Tegak

Balita yang sakit pada telinga bisa ditidurkan dengan posisi tegak. Posisi tersebut bisa mengurangi rasa nyeri dan memberikan rasa nyaman sehingga anak bisa tidur nyenyak. Cobalah untuk menggendongnya lalu menyandarkan kepalanya di dada orang tua selama anak tertidur.

  1. Kompres

Coba lakukan pengompresan di area telinga anak dengan air hangat atau dingin. Caranya, rendam handuk atau kain lembut di air panas atau dingin lalu tempelkan ke area telinga anak. Lakukan pengompresan secara bergantian per 10 menit.

  1. Pijat Area Telinga

Rasa sakit di telinga karena flu akan memicu rasa tidak nyaman di area rahang dan telinga sehingga anak akan lebih rewel. Saat itu terjadi cobalah untuk memijat area telinga anak dengan lembut. Pijatan akan membantu melemaskan otot dan mengurangi rasa nyeri.

  1. Ganjal Kepala dengan Bantal saat Berbaring

Disarankan untuk memposisikan kepala anak lebih tinggi dibanding tubuh ketika tidur. Posisi ini akan membantu mengurangi rasa sakit di telinga anak. Untuk melakukannya, orang tua bisa mengganjal kepala anak dengan bantal.

  1. Hindari Tekanan di Telinga yang Sakit

Saat anak mengeluhkan sakit di telinga kanan, usahakan agar anak tidur miring namun dengan posisi telinga kiri di bawah. Hal itu dilakukan untuk menghindari tekanan di area telinga yang sakit sehingga rasa nyeri tidak makin parah. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya.

  1. Segera Periksa ke Dokter

Jika sakit telinga anak terjadi dalam beberapa hari, disarankan untuk orang tua agar membawa anak ke dokter. Langkah ini dinilai jadi yang paling aman dilakukan untuk menghindari rasa sakit yang semakin parah. Hindari memberikan obat telan secara mandiri pada anak tanpa resep dokter.

Selain itu rasa sakit di telinga juga bisa terjadi karena faktor lain misalnya karena perjalanan udara. Orang tua harus tahu penyebab nyeri telinga saat naik pesawat dan cara mengatasinya.

Itulah informasi terkait pertolongan pertama sakit telinga pada anak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.