Bagikan:

YOGYAKARTA – Pada momen akhir tahun, undangan untuk menghadiri acara pasti tak sedikit. Terutama ketika merayakan Natal, baik undangan makan malam hingga pesta bersama kerabat atau sahabat dekat, perlu dihadiri dengan tetap menjalani etiket. Ini dilakukan supaya memberikan kesan baik. Mengingat hal itu, berikut sejumlah etiket yang perlu dipegang saat menghadiri pesta akhir tahun atau Natal.

1. Membawa hadiah

Dalam konteks nuansa Natal, Anda perlu membawa hadiah untuk tuan rumah pesta. Hadiah tersebut bisa ditawarkan apa yang dibutuhkan untuk memeriahkan pesta, atau menurut pakar etiket, Bonni Tsai dilansir Reader’s Digest, Jumat, 8 Desember, bawa hadiah yang tidak menambah pekerjaan tuan rumah.

Hadiah yang dibawa jangan sampai menuntut tuan rumah untuk membuka hadiah tersebut segera, kecuali atas permintaan mereka sendiri. Saran Tsai, bawalah hadiah yang nantinya dapat dinikmati tuan rumah. Maka sebelumnya, lakukan riset sebelum memilih hadiah, misalnya yang berhubungan dengan minat dan hobi si tuan rumah pesta.

etiket dasar saat hadir pesta akhir tahun dan natal
Ilustrasi etiket dasar saat hadir pesta akhir tahun dan Natal (Freepik)

2. Pertimbangkan busana yang dipakai

Banyak nuansa pesta yang dibangun, dan biasanya tertera pada keterangan undangan. Ketahui betul bagaimana nuansa pesta yang akan Anda hadiri. Jangan sampai memilih pakaian yang tidak pas. Untuk pesta yang bernuansa kasual, Anda bisa pilih busana dengan aksen non formal. Nah, kalau pesta formal, siapkan busana yang paling nyaman tetapi sesuai tema acara.

3. Mengambil makanan dengan cara yang pantas

Makan tentu pasti masuk dalam susunan acara pesta. Banyak cara dalam menghidangkan makanan, misalnya cara prasmanan. Kalau tuan rumah menyajikan makanan prasmanan, hindari mengambil makanan dengan cara yang tidak higienis. Misalnya mengambil makanan dengan jari padahal disediakan sendok saji untuk mengambil makanan.

etiket dasar saat hadir pesta akhir tahun dan natal
Ilustrasi etiket dasar saat hadir pesta akhir tahun dan Natal (Freepik)

Hindari pula mengendus makanan yang Anda ambil untuk membaui aromanya. Perlu diingat, Anda tidak makan di rumah jadi harus ekstra hati-hati dalam mengambil makanan supaya tidak mengkontaminasi makanan yang akan dimakan orang lain. Maka gunakan peralatan penyajian yang telah disediakan dan jika ingin mencicipi salah satunya, tambahkan sedikit di piring Anda. Selain itu, jangan sampai memenuhi piring Anda dengan hidangan tanpa menghabiskannya.

4. Memotret dan memposting foto atas izin mereka

Banyak momen menarik saat pesta liburan atau saat Natal. Pada momen tersebut, mungkin Anda menganggapnya sebagai kenangan manis, kocak, maupun lucu atau menyenangkan. Tetapi, tidak semua orang merasa nyaman jika foto mereka diambil atau dibagikan secara online. Untuk menghargai privasi orang lain juga, mintalah izin sebelum memotret atau membagikan potret tersebut.

5. Bergosip di pesta

Secara umum, pesta adalah untuk bersenang-senang dan mempererat jejaring sosial. Meskipun dari banyak undangan adalah teman Anda, harus diingat batasan dalam mengobrol. Perlu pula dibatasi hasrat untuk bergosip. Misalnya bergosip tentang kisah cinta, atau persaingan tertentu dalam lingkaran pertemanan. Sebagai gantinya, Anda bersama undangan lain bisa saling bercerita tentang minat, aktivitas, dan hal menyenangkan lainnya tanpa bergosip negatif.

6. Menghilang tanpa pamit

Baik hadir sampai pesta berakhir atau hanya sekedar mampir, hal sopan yang harus dilakukan adalah dengan menyapa tuan rumah. Demikian pula penting mengucapkan terima kasih pada tuan rumah dan mengucapkan selamat tinggal saat Anda siap untuk pulang. Hindari menghilang tanpa pamit atau datang telat tanpa menyapa tuan rumah.

Itulah ke-6 etiket dasar saat hadir pesta akhir tahun dan Natal. Selain penjelasan di atas, hindari pula sibuk dengan gawai tanpa menyapa tamu-tamu lain saat pesta menyenangkan digelar.