6 Jenis Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Bareng Susu
Ilustrasi susu (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Terkadang mencampurkan susu sapi dengan makanan memang meningkatkan kelezatan rasa dan menambah kelengkapan nutrisi. Namun tahukah Anda, ternyata ada makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi bareng susu.

Pencampuran susu dengan makanan tertentu berisiko memicu reaksi tertentu di pencernaan hingga membuat diare atau sakit perut. Selain itu mencampurkan susu pada makanan tertentu akan membuat nutrisi jadi hilang atau membuat nutrisi makanan tidak bisa diserap oleh tubuh.

Makanan yang Tidak Dianjurkan Dikonsumsi Bareng Susu

Jenis makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersamaan dengan susu juga beragam. Berikut ini daftar makanannya.

  1. Makanan Mengandung Protein

Disarankan untuk mengonsumsi makanan berprotein seperti daging terpisah dengan susu. Jika dikonsumsi bebarengan dengan susu dapat memicu masalah di pencernaan terutama bagi orang dengan lambung sensitif. Selain itu mencampurkan makanan tinggi protein dengan susu juga memicu penambahan berat badan. Jika Anda sedang menjalani program diet disarankan untuk tidak mencampur makanan berprotein dengan susu. Anda bisa mengonsumsi keduanya dengan jeda agar penyerapan nutrisi lebih maksimal.

  1. Makanan Mengandung Asam

Sangat tidak disarankan untuk mencampurkan makanan atau minuman yang mengandung asam dengan susu. Pasalnya, asam dan susu akan memicu penggumpalan di dalam pencernaan. Penggumpalan yang terjadi seperti keju dan saat itu terjadi akan memicu reaksi tertentu di dalam pencernaan.

  1. Buah-buahan

Banyak orang yang salah kaprah menganggap bahwa buah dan susu akan menambah nutrisi untuk diserap tubuh. Mencampurkan susu pada buah memang bisa dilakukan namun tak semua buah bisa dicampur. Buah yang tidak dianjurkan untuk dicampur misalnya nangka atau jeruk. Saat pencampuran dilakukan akan memicu mulas.

Namun Anda bisa mencampur buah yang rasanya manis dan memiliki daging buah seperti mentega seperti aplukat, kurma, mangga, dan sebagainya.

  1. Udang

Minum susu dibarengi dengan makan udang nampaknya bukan ide baik. Pasalnya saat keduanya dilakukan akan memicu masalah kesehatan. Hal itu terjadi karena adanya arsenic pentoxside pada udang akan memicu reaksi negatif saat bertemu vitamin pada susu. Arsenic mampu menjadi racun untuk tubuh hingga merusak fungsi hati, jantung, pembuluh darah, bahkan ginjal. Meski demikian efek ini perlu diteliti lebih lanjut mengingat kandungan arsenic pada udang tidak cukup banyak.

  1. Kacang-kacangan

Tidak disarankan untuk mengonsumsi susu dibarengi dengan makanan jenis kacang-kacangan. Pasalnya saat keduanya bercampur di dalam lambung akan memicu kembung. Selain itu intensitas buang angin juga lebih sering terjadi.

  1. Makanan atau Rempah Pedas

Jika Anda hobi makan makanan pedas atau rempah yang bersifat pedas, hindari untuk mengonsumsi susu sebelum atau sesudak makan sajian kuliner tersebut. Pasalnya, makanan pedas memicu produksi asam lambung, jika asam lambung bertemu dengan susu akan memicu masalah di pencernaan.

Itulah informasi terkait makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi bareng susu. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.